• February 28, 2024

13 Makanan untuk Asam Urat Sebagai Obat dan Penurun Sakit

Mengonsumsi makanan untuk asam urat penting bagi penderitanya. Umumnya memilih sayuran rendah purin, jahe, teh hijau dan sebagainya. Terutama karena berguna mengontrol rasa sakit atau nyeri sehingga tidak kambuh kembali.

Para penderita penyakit ini umumnya mengalami rasa sakit pada bagian sendi. Tentu dapat menyebabkan aktivitas terhambat dan tersiksa dalam waktu lama. Melakukan pencegahan disarankan terutama dengan pemilihan makanan tepat.

Makanan untuk Asam Urat Ampuh 

Dalam pemilihan makanan, pastikan untuk memilih jenis rendah kandungan purin. Apalagi purin menyebabkan penumpukan asam sehingga menyebabkannya kambuh. Berikut ini makanan terbaik yang bisa dikonsumsi penderita asam urat:

  1. Susu Rendah Lemak

    Dalam rekomendasi makanan untuk asam urat, susu rendah lemak memegang peran besar. Biasanya penderita banyak mengonsumsi jus buah-buahan. Tapi bisa mengganti dengan produk susu karena penuh kandungan vitamin dan mineral.

    Belum lagi punya kandungan protein yang membantu mengeluarkan asam dari urine. Anda dapat memilih baik susu protein hewani maupun protein nabati. Kadar purinnya aman sekaligus bisa mengurangi sakit karena gout.

  2. Buah Bervitamin C

    Konsumsi buah dengan kandungan vitamin C bagus karena mengurangi gout. Pilihlah buah seperti jeruk, ceri, lemon, kiwi hingga tomat. Tentu bisa menghancurkan asam karena akan mengeluarkannya bersamaan dengan urine.

  3. Buncis, Lentil dan Kacang Polong

    Sayuran mungkin baik untuk kesehatan, tapi harus memilih dengan kandungan purinnya rendah. Buncis, lentil, dan kacang polong menjadi pilihan bijak. Apalagi punya kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk menegahnya kambuh.

    Faktanya termasuk makanan untuk asam urat yang dapat dikonsumsi tanpa takut sakit kembali. Tapi pastikan juga agar proses pengolahannya dilakukan dengan baik. Terutama untuk memastikan nilai gizinya memberi manfaat terbaiknya.

  4. Ubi Jalar

    Uji jalar memiliki karbohidrat dan protein cukup melimpah. Jika Anda memiliki gout bisa mengonsumsinya karena purinnya rendah, tapi harus sebatas wajar. Anda bisa menyesuaikan asupan kalori sehingga porsinya lebih tepat.

  5. Jahe

    Jahe menjadi salah satu rempah terkenal untuk mengurangi gout dalam tubuh. Pastinya tidak bisa melewatkan rempah yang bisa meringankan banyak penyakit. Jika Anda penderita penyakit ini harus mengonsumsinya serutin mungkin.

    Apalagi berdasarkan penelitian International Journal of Preventive Medicine telah terbukti. Jahe memiliki sifat antiinflamasi dengan kandungan antioksidan tinggi. Untuk menikmati kandungannya, olahlah sebagai makanan atau minuman.

  6. Teh Hijau

    Saat ini makanan untuk asam urat penuh potensi hebat adalah teh hijau. Apalagi terbukti mengeluarkan kristal yang disebabkan oleh gout. Belum lagi terbukti juga meluruhkan batu ginjal yang sama-sama membahayakan.

    Penderita gout, tentunya dapat meminumnya secara sehat dengan menyeduh. Tentu orang Jepang dan China sudah mengonsumsinya sejak lama karena kandungan yang menyehatkan. Artinya bisa Anda percayai untuk menghalau pengkristalan asam.

  7. Ikan Rendah Purin

    Purin menjadi momok berbahaya yang perlu penderita waspadai. Untuk mengatasinya bisa mengonsumsi ikan tapi yang punya kandungan purin rendah. Ikan salmon menjadi salah satu pilihan karena punya kandungan omega 3.

    Manfaatnya besar karena bisa mencegah pembengkakan maupun peradangan. Belum lagi punya asam lemak jenuh rendah sehingga menghalau gout. Manfaatnya semakin menjanjikan karena membantu juga mengurangi kadar kolesterol.

  8. Yoghurt

    Yoghurt termasuk makanan untuk asam urat karena menjadi produk olahan susu kaya nutrisi. Pengidap gout tidak perlu takut mengonsumsinya karena malah bagus. Apalagi karena rendah lemak sehingga membantu dalam pencegahan.

  9. Pisang

    Pisang menjadi buah bagus lainnya untuk mengatasi masalah gout pada sendi. Faktanya buah berwarna kuning ini punya kandungan purin yang relatif rendah. Artinya mengurangi produksi gout sehingga tidak menyebabkan kambuh.

    Selain itu pisang juga dilengkapi kandungan vitamin C yang dibutuhkan oleh penderitanya. Konsumsi secara rutin bisa mencegah kemunculannya yang terus mengganggu. Apalagi mengenyangkan dan punya banyak nutrisi bagus lainnya.

  10. Telur

    Telur memiliki kandungan protein tinggi yang efektif menurunkan kadar purin. Artinya setiap gejala yang sebelumnya terus berdatangan akan segera berhenti. Pastikan untuk menyajikan telur dengan sehat supaya manfaatnya diterima.

  11. Kentang

    Kentang sebagai makanan untuk asam urat tidak tidak bisa diragukan kembali. Terutama karena jenis umbi tersebut terbukti bagus bagi penderita gout. Hal ini wajar mengingat vitamin C yang mengurangi pengkristalan.

    Supaya mendapatkan hasil terbaiknya, Anda bisa mengolahnya menjadi jus kentang mentang. Umumnya dapat mengonsumsinya setiap pagi maupun malam harinya. Tapi jika kurang menyukainya bisa mencoba mengolahnya menjadi kentang rebus.

  12. Karbohidrat Kompleks

    Karbohidrat kompleks bagus bagi penderita gout karena mengeluarkan asam melalui urine. Jika dalam masa penyembuhan juga bagus karena lebih lama dicerna tubuh. Pilihlah jagung, kentang, ubi atau beras merah.

  13. Alpukat

    Terakhir, Anda bisa mengandalkan alpukat yang terkenal ampuh. Pastinya punya kandungan vitamin C yang dikenal melimpah. Belum lagi ada kandungan lemak sehat hingga antioksidan yang berguna untuk mengurangi kambuhnya nyeri.

    Selain itu alpukat merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin E sangat tinggi. Kandungan ini berguna sebagai sifat antiinflamasi sehingga mampu mengurangi radang. Artinya dapat tenang karena tidak merasakan sakit.

Berbagai makanan tersebut menjadi pilihan efektif dalam mengurangi dan mencegah sakit. Tapi pastikan harus disertai dengan gaya hidup yang sehat. Tujuannya supaya kinerja makanan untuk asam urat dapat terasa maksimal.