• February 28, 2024

7 Jenis Olahraga Kekinian yang Wajib Dicoba Anak Muda

Ada beberapa jenis olahraga kekinian yang memang terbilang baru, tapi cukup mengasyikkan. Jenis olahraga baru ini, sering sekali dilakukan oleh anak muda zaman sekarang. Pasti kalian juga sadar, Gen Z di zaman sekarang sering update seputar kegiatan hariannya. Salah satunya olahraga. Tapi jenis gerakan yang dilakukan terlihat asing, itu mungkin jenis yang baru dalan dunia olahraga.

Untuk menambah pengetahuan Anda, siapa tahu ingin mencobanya juga, berikut ini kami akan memperkenalkan beberapa jenis olahraga yang kekinian. Selain mengikuti trend yang ada, Anda juga bisa menyehatkan tubuh sendiri.

Olahraga Kekinian yang Seru dan Menyehatkan

Selama pandemi global, orang-orang memang dituntut untuk tetap berada di rumah. Untuk mencegah kebosanan, kebanyakan dari Anda melakukan kegiatan di dalam ruangan termasuk olahraga. Ada banyak juga jenis jenis olahraga kekinian yang mulai dikenal dan menjadi trend setelah pandemi berakhir.

Meski menjadi trend dan gaya hidup baru, tapi beragam jenis olahraga tersebut, memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Kebanyakan gerakan olahraganya juga mudah, praktis, dan bisa Anda lakukan di dalam rumah sendiri. BErikut ini, kami akan mengulas tentang beberapa jenis olahraga kekinian yang seru, dan sekarang sedang trending di kalangan anak muda, yaitu :

  1. Pound Fit

    Jenis olahraga yang sedang trend di kalangan anak muda adalah poubd fit. Jenis gerakan pada olahraga ini membuat Anda semangat dan jauh lebih sehat. Pound fit sendiri menggabungkan antara gerakan kardio, latihan kekuatan dan juga menyesuaikan dengan ritme musik.

    Untuk bisa melakukan olahraga satu ini, Anda memerlukan ripstix, yaitu semacam tongkat layaknya sepasang drumstick yang dirancang khusus. Nanti dalam pound fit ini, Anda akan melakukan tendangan, loncatan, dan juga ayunan stik dengan mengikuti ritme musik cepat. Bahkan Anda bisa menghilangkan stres dengan melakukan olahraga ini.

  2. Kangoo Jump

    Kemudian jenis olahraga kekinian adalah kangoo jump. Gerakan dalam kangoo jump terbilang sangat mengasyikkan dan pastinya Anda tidak bosan. Untuk bisa melakukannya, Anda memerlukan sepatu khusus yang bagian bawahnya terdapat pegas.

    Tujuannya adalah untuk melindungi Anda ketika sedang melompat atau berlari. Jika Anda melakukan kangoo jump, semua otot dalam tubuh bergerak. Ketika baru pertama kali melakukannya, harus bersama-sama dengan instruktur.

  3. Aerial Yoga

    Pasti Anda pernah melihat Idol K-Pop yang membagikan kegiatan hariannya di media sosial, di mana sang idola bergelantungan dengan kain?. Ya, itu adalah jenis olahraga kekinian yang namanya adalah Aerial Yoga dari cabang akrobatik.

    Olahraga ini memang menggabungkan antara yoga tradisional dengan seni akrobatik di udara. Media untuk melakukan aerial yoga adalah menggunakan kain. Kain tersebut nantinya Anda gunakan untuk membebat beberapa bagian tubuh agar bisa tergantung. Jangan melakukannya tanpa adanya bimbingan dari orang profesional.

    Perlu belajar dari pelatih profesional agar bisa melakukannya sendiri. Manfaat melakukan aerial yoga adalah meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan tubuh. Bahkan beberapa juga mengungkapkan bahwa olahraga ini mampu meminimalisir penyakit jantung, hingga mengurangi tingkat stres.

  4. Pilates

    Pilates merupakan olahraga yang praktis dan bisa kalian lakukan di rumah. Cukup dengan matras senam saja, Anda sudah bisa melakukan gerakan pilates. Manfaat dari olahraga ini adalah meningkatkan daya tahan diri, fleksibilitas, hingga keseimbangan tubuh.

    Lakukan beberapa gerakan pilates, mampu meningkatkan otot dan juga menjaga tubuh agar tetap fit. Sama seperti Aerial Yoga, olahraga ini juga mampu mengurangi tingkat stres serta membuat suasana hati menjadi lebih bahagia. Hal itu karena aura negatif telah Anda hilangkan.

  5. Freelatics

    Mungkin masih terdengar asing, tapi freelatics saat ini menjadi jenis olahraga kekinian yang dilakukan oleh anak muda. Anda hanya perlu siapkan matras dan lakukan beberapa gerakan. Olahraga ini merupakan gabungan dari High Intensity Training (HIT) dan High Intensity Interval Training (HIIT). Tidak perlu waktu lama untuk bisa melakukan olahraga ini. Cukup 30 menit saja, seminggu sekali maka bisa mendapatkan manfaat maksimal.

  6. Pole Dance

    Pole Dance adalah jenis olahraga yang sekarang digandrungi anak muda. Untuk bisa melakukan ini, Anda memerlukan tiang vertikal yang dibuat secara khusus dan kuat. Pole dance adalah gerakan gabungan dari tarian dan juga akrobatik dengan bertumpu pada tiang vertikal. Jadi, selama melakukan gerakan ini, Anda harus menggunakan kekuatan otot dan juga keseimbangan tubuh.

  7. Megaformer

    Olahraga satu ini juga cukup terkenal di kalangan anak muda karena memberi manfaat untuk menurunkan berat badan pada tubuh. Untuk bisa melakukan aktivitas fisik ini, Anda perlu mempersiapkan mesin kebugaran dan pegas. Megaformer adalah gabungan dari pilates, latihan kekuatan, hingga kardio. Butuh kekuatan fisik maksimal untuk bisa melakukannya.

Berdasarkan rekomendasi yang telah kami sarankan, mana yang ingin Anda coba lebih dulu? Jangan ragu untuk mencoba salah satu jenis olahraga kekinian di atas. Jika ketagihan melakukannya, manfaat untuk tubuh juga bagus.