• April 16, 2024
Lontong Balap Surabaya

7 Kuliner Surabaya yang Wajib Kamu Coba

Berbicara tentang kuliner, Indonesia jadi salah satu negara yang kaya akan kulinernya. Beragam suku, adat, budaya dan agama tentu menjadi salah satu faktor yang membuat setiap daerah memiliki kuliner yang khas dan bercita rasa tinggi. Ada daerah yang menonjolkan rasa manis di setiap makanannya, ada yang gurih, pedas dan sebagainya. Begitu juga dengan Surabaya, kota ini menjadi salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak kuliner yang lezat.

Jika kamu berkunjung ke kota ini, kamu tidak hanya bisa mengunjungi tempat-tempat wisata yang bersejarah dan menarik, tapi kamu juga harus mencoba kulinernya. Karena kota yang dijuluki sebagai kota Pahlawan ini memiliki ragam makanan yang khas seperti lontong balap, rujak cingur, rawon, sego pecel dan masih banyak lagi. Nah untuk kamu yang ingin jalan-jalan ke kota ini, kamu harus coba beberapa kuliner berikut ini:

  1. Kepiting Cak Gundul 1992

Jika kamu tengah berlibur ke kota Surabaya, jangan lupa pergi ke rumah makan Kepiting Cak Gundul 1992. Sesuai dengan namanya, restoran ini menyajikan berbagai hidangan laut yang lezat. Restoran ini sudah ada sejak tahun 1992. Artinya, usia restoran ini sudah 28 tahun. Ada banyak hidangan yang disajikan dari olahan tankapan laut seperti kepiting. Kamu bisa pilih sendiri ukuran kepiting yang ingin kamu santap beserta saus yang kamu sukai. Restoran ini namanya sudah populer dan kini tidak hanya di Surabaya saja kamu bisa menemui Kepiting Cak Gundul 1992, tapi di daerah lain seperti Jakarta juga sudah ada cabangnya.

  1. Lontong Kupang Artomoro

Jika mendengar namanya, mungkin kamu akan mengira bahwa makanan satu ini berasal dari Kupang, Nusa Tenggara Timur. Makanan ini berasal dari Surabaya juga kok. Lontong yang ada di restoran ini sudah terkenal karena memiliki cita rasa yang begitu lezat. Kupang disini bukan berarti daerah tapi sejenis kerang yang ukurannya sangat kecil dan kamu hanya bisa menemukan kerang ini di Surabaya. Mungkin kedengarannya aneh tapi begitulah adanya. Jika kamu mencoba makan kupang, lidah kamu akan digoyang karena rasa dari makanan ini sangat lezat dan tiada duanya.

  1. Sate Klopo Ondomehen

Selain itu, di kota Surabaya juga ada makanan yang namanya sangat populer yaitu Sate Klopo Ondomehen. Sate klopo ini cukup unik dan berbeda dengan sate kambing atau ayam yang pernah kamu cicipi di daerahmu. Sate ini rasanya sangat khas karena menggunakan kelapa yang sudah disangrai dan dibalut ke sate sebelum dibakar. Kamu bisa merasakan sate klopo yang lezat ini di sate klopo Ondomehen. Ada banyak jenis sate yang disajikan disini mulai dari sate ayam, sapi, udang, usus bahkan sum-sum juga ada disini. Banyak wisatawan yang tertarik dengan sate ini karena cita rasanya yang gurih dan lezat.

  1. Nasi Udang Bu Rudy

Apakah kamu pernah mendengar atau bahkan membeli sambal Bu Rudy? Makanan ini sepertinya sudah terkenal di Indonesia. Tidak hanya sambalnya saja, kamu bisa mencoba makanan lain yaitu nasi udang dan juga nasi empal. Makanan ini disajikan dengan menggunakan sambal yang khas. Jika kamu tertarik mencobanya, langsung datangi lokasinya saja nanti.

  1. Tahu Campur Kalasan

Untuk kamu yang suka dengan makanan berbahan dasar tahu, maka kamu wajib mendatangi Tahu Campur Kalasan yang berada di kota Surabaya. Tahu yang ada di restoran ini disajikan dengan campuran potongan daging, jeroan sapi serta selada. Semua bahan dicampur kemudian dibalut menggunakan bumbu kental. Jadi jika kamu tengah berlibur ke kota ini, sempatkan mampir ke resto Tahu Campur Kalasan.

  1. Rujak Cingur Ahmad Jais

Rujak cingur adalah salah satu makanan khas Surabaya yang namanya sudah populer. Jika umumnya rujak berisi buah, beda dengan rujak cingur ini. Rujak cingur berisi sayur dan irisan hidung sapi yang direbus hingga empuk. Irisan ini mirip dengan kikil sapi. Jika kamu mencobanya, rasanya kenyal, pedas dan enak. Untuk kamu yang tertarik mencicipi hidangan satu ini, kamu bisa pergi ke restoran Rujak Cingur Ahmad Jais. Dijamin kamu akan ketagihan nanti.

  1. Lontong Balap Garuda

Di Surabaya ada kuliner unik dan lezat bernama lontong balap. Lontong ini dinamakan lontong balap karena biasanya orang-orang yang menjual lontong ini menggunakan pikulan dengan bobot yang cukup berat. Biasanya karena berat, mereka akan tergesa-gesa membawanya. Dari situs asal nama lontong balap ini dibuat. Jika kamu menyantap makanan ini, kamu akan mendapati lontong, tahu goreng yang sudah dipotong-potong, tauge dan masih banyak lagi. Kemudian, semua bahan tadi disiram dengan kuah yang citarasanya khas. Jadi, jika kamu berencana akan pergi ke Surabaya, silahkan cicipi sajian khas yang satu ini. Dan yang pasti siapkan perut kamu supaya bisa menikmati semua makanan diatas.