• April 16, 2024

8 Daftar Makanan Populer Semarang, Bisa Jadi Oleh-oleh

Sedang berkunjung ke kota ini untuk berwisata ataupun kegiatan bisnis? Makanan populer Semarang berikut ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Bahkan dapat dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau kerabat tercinta di rumah.

Semarang menjadi salah satu kota yang banyak dijadikan sebagai destinasi kunjungan bagi banyak orang. Terlebih lagi, di kota tersebut ternyata terdapat sejumlah tempat-tempat penting yang bisa dikunjungi dan pastinya mempunyai keunikan.

Tidak hanya tempat-tempat wisata penting saja, tetapi Anda juga dapat melakukan wisata kuliner ketika sedang berada disini. Terlebih lagi terdapat sejumlah makanan populer di Semarang yang pastinya lezat dan menggugah selera makan.

Daftar Makanan Paling Populer di Semarang

Jika Anda sedang berkunjung ke kota ini maka terdapat banyak aktivitas yang dapat dilakukan termasuk juga dengan melakukan wisata kuliner. Berbagai jenis makanan dapat ditemukan di ibu kota provinsi dari Jawa Tengah tersebut.

Tidak heran apabila pada tahun 2015 lalu, kota tersebut mendapatkan julukan sebagai tempat wisata kuliner unggulan di Indonesia. Nah apabila Anda bingung akan membeli oleh-oleh apa ketika berada di sini atau hanya ingin berwisata kuliner, maka daftar makanan populer di Semarang berikut wajib dicoba:

  1. Lumpia

    Kalau berbicara mengenai makanan populer Semarang maka lumpia adalah jawabannya. Bahkan banyak orang menyebut kota ini sebagai kota lumpia. Sejarah lumpia sendiri ternyata berasal dari kreasi seseorang keturunan Tionghoa.

    Di mana ia adalah Tjoa Thay Yoe yang sudah menetap di Semarang dan memutuskan membuat lumpia dengan cita rasa khas Indonesia. Resep lumpia khas Semarang yang paling populer adalah menggunakan isian rebung.

    Tidak hanya rebung saja, tetapi juga ayam ataupun udang. Makanan tersebut semakin nikmat apabila disantap bersamaan dengan kuah sambal. Saat ini, menemukan penjual lumpia di Semarang sudah tidak sulit lagi dilakukan.

  2. Bandeng Presto

    Karena dikenal sebagai kota pesisir juga, Semarang juga mempunyai sejumlah kuliner khas yang terbuat dari ikan seperti Bandeng presto. Keberadaan bandeng presto pertama kali hadir pada tahun 1977 dan masih populer hingga sekarang.

    Sesuai dengan namanya, cara membuat olahan makanan tersebut adalah menggunakan teknik presto. Dari teknik itulah akan membuat duri-duri kecil yang terdapat di dalam daging bandeng menjadi lebih lunak dan lembut.

  3. Lapis Legit

    Karena pernah menjadi pusat pemerintahan Belanda, maka beberapa budaya Eropa juga diserap oleh masyarakat Semarang seperti dalam hal kuliner. Nah salah satu makanan populer Semarang di mana tidak boleh dilewatkan adalah lapis legit ini.

    Resep lapis legit khas kota ini tidak berbeda jauh dengan lapis legit lainnya. Hanya saja terdapat bahan tambahan seperti kapulaga dan rempah lainnya sehingga mampu meningkatkan aroma khasnya.

  4. Tahu Gimbal

    Tidak hanya kue atau makanan ringan saja, tahu gimbal inilah akan membuat perut kenyang selama berkunjung ke Semarang. Nama gimbal sendiri berasal dari tambahan adonan tepung sekaligus udang yang terlihat bertumpuk di atas hidangannya.

    Tahu gimbal dibuat dengan menggunakan beberapa bahan tambahan seperti kol mentah, tauge, telur, lontong dan lainnya. Dengan siraman saus kacang dan bumbu petis udang, dijamin rasa dari tahu gimbal inilah akan semakin sempurna.

  5. Tahu Petis

    Makanan populer Semarang lainnya adalah tahu petis yang termasuk ke dalam makanan ringan. Sesuai dengan namanya, kuliner tersebut menggunakan bahan utama berupa tahu yang dilengkapi dengan sambal petis udang kental.

    Yang membuatnya unik adalah sambal petisnya diracik menggunakan bumbu khusus sehingga dapat meningkatkan kelezatannya berupa manis, asin dan sedikit pedas. Agar lebih nikmat, Anda bisa menikmati makanan tahu petis dengan cabai rawit.

  6. Soto Semarang

    Sama seperti beberapa kota di Indonesia, kota ini ternyata juga mempunyai soto dengan versi mereka sendiri. Soto khas dari kota tersebut diberi nama Soto Semarang ataupun Soto Angkring.

    Ciri khas dari soto ini adalah kuahnya lebih bening kecoklatan dibandingkan dengan soto Kudus. Apabila Anda ingin menikmati seporsi soto tersebut, maka jangan khawatir! Karena sudah ada banyak tempat untuk menikmatinya.

  7. Babat Gongso

    Tidak sampai disitu saja, babat gongso juga termasuk ke dalam makanan populer Semarang yang sangat legendaris. Babat Gongso akan memanfaatkan babat alias lambung sapi sebagai bahan utamanya.

    Cara membuatnya adalah babat akan dipotong kecil-kecil terlebih dahulu, kemudian akan ditumis bersamaan dengan bumbu gongso. Agar semakin nikmat, maka tidak lupa menambahkan bahan dan bumbu lainnya.

  8. Wedang Tahu

    Wedang tahu menjadi makanan populer Semarang berikutnya yang cukup unik dan berbeda. Jika biasanya tahu diolah menjadi makanan, tetapi kuliner ini justru menjadikan tahu sebagai wedang.

    Kuliner ini terbuat dari kembang tahu dan dimasak bersama agar-agar, garam, gula dan setelah matang akan disiram dengan kuah khas dan aromatik.

Jika Anda sedang berkunjung ke kota ini, maka jangan sampai lupa untuk melakukan wisata kuliner. Sebab terdapat sejumlah makanan populer Semarang yang pastinya lezat dan tidak bisa ditolak.