• April 16, 2024

Begini Tips Menghaluskan Suara Mesin Diesel

Bagi pemilik kendaraan, maka Anda wajib tahu bagaimana cara menghaluskan suara mesin mobil diesel. Ya, mobil dengan mesin jenis diesel ini memang mengeluarkan bunyi yang cukup kasar. Tentu bunyi mesin tersebut menganggu konsentrasi Anda saat berkendara.

Dari sekian banyaknya cara menghaluskan suara mesin jenis diesel ini dengan cara tune up. Ya, tune up merupakan salah satu solusi yang sangat ampuh dan terbukti. Namun, selain melakukan tune up ada beberapa cara lain yang mungkin bisa Anda dicoba.

Penyebab Suara Mesin Mobil Diesel Terlalu Kasar

Perlu Anda ketahui bahwa mesin mobil jenis diesel yang mengeluarkan suara kasar menjadi pertanda adanya kerusakan komponen. Sebab, mesin mobil diesel keluaran terbaru ini tidak menimbulkan suara berisik. Sebagai pemilik, tentu Anda harus segera melakukan pengecekan lebih lanjut. Bisa saja komponen mobil diesel milik pribadi mengalami kerusakan.

Jika tidak dilakukan pengecekan berkala, maka dikhawatirkan akan membahayakan pengemudi di jalan raya. Tercatat ada beberapa faktor penyebab mengapa mobil diesel mengeluarkan suara terlalu kasar. Faktor pertama, adanya kerusakan di beberapa komponen mobil diesel, seperti radiator rusak, putusnya van belt, hingga adanya kotoran yang masuk ke kompresor AC mobil.

Sehingga kerusakan-kerusakan tersebut menimbulkan suara tak nyaman saat berkendara. Akibatnya Anda bisa kehilangan fokus saat menyetir kendaraan pribadi. Jika tidak segera diatasi, maka mobil bermesin diesel dapat mengalami kerusakan fatal.

Faktor kedua, banyaknya kotoran yang menumpuk di kabin mobil juga dapat menyebabkan munculnya bunyi. Sehingga kabin yang kurang terawat dapat menyebabkan Anda kehilangan fokus dalam berkendara. Untuk itu, lakukan pembersihan kabin secara berkala agar tidak muncul bunyi yang menganggu.

Cara Menghaluskan Suara Mesin Mobil Diesel

Seiring perkembangan teknologi, mobil keluaran terbaru dibuat sedemikian rupa sehingga terasa jauh lebih apik. Akan tetapi, suara khas mesin diesel tetap saja masih terdengar, apalagi bila perawatan mobil terbilang minim.

Tak heran jika mesin mobil akan mengeluarkan bunyi yang berisik. Sebagai pemilik, tentu ingin memiliki mobil diesel yang mengeluarkan suara mesin yang halus. Untuk menghaluskan suara mesin mobil diesel, maka Anda dapat melakukan beberapa cara berikut:

  1. Menggunakan Peredam Audio

    Para instalatur audio mobil biasanya menggunakan peredam kabin untuk membuat suara lebih senyap pada ruang kabin. Terdapat banyak jenis peredam ini, yang paling sering dipakai adalah peredam yang disemprot atau ditempel pada plat body berupa lembaran-lembaran.

    Sebenarnya, cara ini bukanlah solusi terbaik karena bukan memperbaiki sumber masalah. Menggunakan peredam hanya berfungsi untuk meredam suara saja. Akan lebih bagus jika Anda memperbaiki secara langsung pada bagian yang mengalami kendala.

  2. Melakukan Tune-Up

    Berbagai sumber permasalahan pada mobil bermesin diesel bisa disebabkan oleh banyaknya kotoran yang menempel. Selain mengganggu kinerja mesin, timbunan kotoran ini juga bisa menjadi penyebab munculnya suara kasar pada mesin.

    Tune-up adalah solusi terbaik untuk kendala ini. Tapi perlu diperhatikan bahwa Anda tidak boleh melakukan tune up asal-asalan atau membawa mobil ke sembarang bengkel. Sebaiknya lakukan tune up di bengkel atau dealer resmi.

  3. Mengganti Oli Secara Rutin

    Oli yang sudah lama tidak diganti bisa menimbulkan suara yang cukup mengganggu. Hal ini dikarenakan adanya gesekan dari kandungan logam pada oli dan mesin mobil diesel. Alhasil, pelumasan pun jauh dari kata sempurna dan berisiko merusak komponen mesin lainnya.

    Oleh karen itu, Anda harus secara rutin mengganti oli mobil. Untuk kasus yang lebih parah, kotoran pada mesin yang terlalu banyak biasanya sulit dikeluarkan dengan cara biasa. Proses cuci darah mobil menjadi opsi terbaik karena mampu mengeluarkan semua kotoran yang menempel.

Tips Mengurangi Munculnya Suara Berisik dari Mesin Mobil Diesel

Agar Anda tidak terlalu terganggu saat berkendara mobil diesel, maka ada beberapa tips yang wajib untuk dicoba. Tips-tips tersebut dapat mengurangi munculnya suara berisik saat mengendarai mobil diesel milik pribadi.

  • Tips pertama, segera bersihkan bagian kabin mobil. Sebab benda berbahan besi atau stainless steel di kabin dapat menyebabkan munculnya bunyi yang mengganggu konsentrasi Anda ketika berkendara. Selain itu, kabin yang kotor dapat membuat kondisi tidak senyap. Sehingga akan muncul bakteri hingga virus yang membuat Anda terganggu ketika mengemudikan mobil bermesin diesel ini.
  • Tips kedua, lakukan penggantian oli mesin secara berkala. Tujuannya untuk mencegah komponen aus. Sebab gesekan komponen yang aus dapat menimbulkan suara berisik pada mobil. Jika tidak segera ditangani, maka mobil Anda akan mengalami overheating.
  • Tips ketiga, lakukan pengecekan kondisi mesin mobil secara menyeluruh dengan tune-up ke bengkel terdekat. Tujuannya untuk melakukan pengecekan menggunakan komputer. Sehingga Anda bisa mengetahui komponen yang bermasalah pada mobil diesel milik pribadi.

Terkadang suara mobil diesel cukup mengganggu konsentrasi dalam berkendara. Selain itu, suara yang tidak lazim menjadi pertanda terjadi kerusakan di komponen mesin mobil. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui penyebab munculnya suara berisik dan pelajari cara menghaluskan mesin mobil diesel.