• April 16, 2024

Cara Belajar Efektif dan Menyenangkan untuk Anak SD

Cara belajar efektif dan menyenangkan untuk anak SD tentu wajib diketahui oleh para orang tua. Sebagai orang tua, Anda sudah tidak begitu asing lagi dengan kegiatan belajar. Memang, masing-masing orang mempunyai kemampuan belajar alamiah dan menyesuaikan pada stimulusnya.

Belajar merupakan salah satu cara agar manusia terus berkembang dan juga bertumbuh. Kegiatan belajar secara formal umumnya dilakukan semasa sekolah dengan jenjang masing-masing seperti SD, SMP, SMA. Namun, belajar tidak bisa dilakukan secara sembarangan terlebih lagi untuk anak-anak SD.

Ketahui Cara Belajar Efektif Bisa Diterapkan untuk Anak SD

Cara belajar efektif untuk setiap anak sudah bisa dipastikan berbeda-beda. Ada yang bisa langsung mengerti ketika dijelaskan di kelas, ada pula yang sembari mencatat, dan juga belajar dengan sistem kebut selama atau SKS.

Menjadi hal yang sangat penting bagi orang tua supaya mengetahui cara belajar yang benar-benar efektif untuk anak SD seperti dibawah ini:

  1. Belajar Menyesuaikan Kebutuhan Anak

    Belajar menjadi kebutuhan yang mesti terpenuhi supaya bisa tetap bertahap hidup. Belajar juga merupakan kebutuhan agar bisa mendorong seseorang belajar secara sungguh-sungguh.

    Hal tersebut mungkin bisa membuat si kecil terjauh dari perasaan tertekan ataupun terpaksa ketika sedang belajar maupun memperdalam materi. Dengan adanya pemahaman yang baik, maka anak Anda akan mempelajari dan membekas di ingatan dalam waktu yang lama.

  2. Buat Catatan Sederhana

    Cara belajar efektif untuk anak SD yang bisa Anda terapkan kepada si kecil dengan cara membuat catatan sederhana tentang materi pembelajaran yang baru saja dijelaskan. Dengan cara tersebut, anak akan mudah mempelajarinya di kemudian hari.

    Catatan tersebut dapat Anda tempelkan di ruang belajar, di dalam tas ataupun lainnya. Hal ini bertujuan supaya anak bisa terus ingat dan memahami materi belajar yang sudah dilakukan sebelumnya.

  3. Pilih Tempat yang Diminati Anak Untuk Belajar

    Belajar di tempat yang membuat anak nyaman tentu saja dapat mempengaruhi kondisi mood. Anda bisa segera menata ruang belajar sedemikian rupa agar anak merasa nyaman dan mampu belajar secara fokus dan tenang.

    Mungkin ada kalanya, Anda menata kembali ruangan belajar dengan cara ganti suasana agar tampak lebih fresh dan kembali semangat.

  4. Ikut Melibatkan Anak Saat Belajar

    Cara belajar efektif anak-anak cenderung menyukai penerapan cerita-cerita dalam kehidupan sehari -hari. Cara tersebut dapat Anda tunjukkan dengan menghubungkan apa yang ada disekitar. Semisalnya, ketika anak sedang membantu orang tua memasak, maka sediakan bahan-bahan sederhana yang diperlukan seperti telur, daging ayam dan suruh mereka untuk menatanya.

    Mungkin Anda bisa mencoba menyebutkan nama-nama sayur ketika sedang belanja di pasar bersama anak. Semua ini akan dirasa jauh lebih menyenangkan bagi anak-anak karena dapat langsung menerapkan hasil belajar tersebut.

  5. Bikin Rencana Belajar yang Tepat

    Anda dapat membuat jadwal belajar yang disesuaikan dengan mata pelajaran milik anak dan membagi tugas yang mesti diselesaikan setiap harinya. Mempunyai rencana belajar yang tepat bisa membuat anak menjadi lebih nyaman, teratur dan juga tidak terbebani dengan tugas yang diberikan.

    Anda bisa juga menanyakan kepada anak tentang materi pembelajaran yang dirasa sulit dipahaminya. Semua ini bertujuan agar orang tua dapat membantu anak menjelaskan kembali sehingga pemahamannya jauh lebih baik lagi.

  6. Ambil Jeda Waktu Untuk Istirahat

    Sesudah menyelesaikan cara belajar efektif, otak membutuhkan jeda waktu untuk istirahat sejenak. Anda tidak bisa memaksakan anak untuk tetap fokus selama belajar dan tentu saja hasilnya dipastikan tidak bisa optimal.

    Anda bisa berikan jeda waktu pada tiap materi untuk dipahami kembali oleh anak. Nantinya, jeda waktu tersebut bakalan membantu anak kembali lebih fresh dan siap kembali fokus pada pembelajaran materi selanjutnya.

Tips Belajar Menyenangkan untuk Anak-Anak

Setelah mengetahui cara belajar efektif, selanjutnya Anda sebagai orang tua bisa cari tahu juga tips belajar yang menyenangkan untuk anak-anak supaya bisa lebih nyaman dan memahami materi yang telah disampaikan.

  1. Belajar Sembari Bermain

    Anak usia SD cenderung lebih senang bermain, maka Anda dapat menerapkan tips belajar yang menyenangkan bagi mereka dengan cara belajar sembari bermain.

    Sebagai contohnya ketika sedang belajar menghitung, maka orang tua dapat gunakan mainan ataupun benda-benda yang disukai oleh anak sebagai bahan peragaan.

  2. Belajar Sambari Bernyanyi dan Menari

    Bila anak Anda lebih suka menari ataupun bernyanyi, maka orang tua bisa menerapkan tips cara belajar efektif dengan pola pembelajaran yang mampu melibatkan gerakan tubuh.

    Semisalnya belajar tentang kenalan bagian-bagian tubuh, bisa dengan memeragakannya menggunakan nyanyian supaya anak lebih mudah mengingatnya.

  3. Buat Praktek Percobaan Sederhana

    Anak-anak akan lebih mudah memahami apa yang diajarkan dengan cara melihatnya secara langsung. Sebagai contoh, belajar tentang sifat air.

    Anda dapat gunakan percobaan sederhana menggunakan air seperti menenggelamkan mainan di air, mengapungkan kapal di atas air dan lain sebagainya.

Cara belajar efektif dan tips pembelajaran yang menyenangkan untuk anak SD bisa segera Anda terapkan sesuai dengan kebutuhan dari si buah hati.