• February 28, 2024
Oleh-oleh Khas Jakarta

Daftar Kuliner Khas Jakarta Wajib Dibawa ke Kampung Halaman

Jakarta bukan hanya kota terpadat di Indonesia tetapi juga menjadi ibukota dari negara yang kita cintai ini. Ada berbagai macam wisata menarik yang bisa ditemukan di kota ini mulai dari wisata yang bersejarah hingga wisata yang modern. Jika Anda sudah puas mengelilingi kota Jakarta, tidak sah jika Anda belum membawa oleh-oleh yang lezat dan khas dari kota ini. Jakarta memang menyimpan banyak destinasi wisata yang menarik.

Kota ini juga memiliki kuliner khas jadi selepas pulang dari Jakarta, Anda bisa bawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah nanti. Meski dikenal sebagai ibukota Indonesia, tapi Anda tetap dapat menemukan buah tangan yang harganya bervariasi. Dengan berkembangnya zaman yang semakin pesat tidak membuat Jakarta melupakan makanan khasnya.

Rekomendasi Kuliner Khas Jakarta yang Wajib Anda Bawa Pulang

Jika Anda sedang singgah ke kota Jakarta, maka jangan lupa berkeliling kota sembari menikmati makanannya yang lezat-lezat. Anda juga bisa menjadikan kuliner khas kota ini untuk dijadikan sebagai oleh-oleh pada saat pulang ke kampung halaman. Berikut ini rekomendasi kuliner khas Jakarta yang bisa Anda beli nanti.

  1. Dodol Betawi

Tidak hanya Garut yang terkenal karena dodolnya tapi juga Kota Jakarta. Dodol khas kota ini bernama dodol Betawi. Dodol ini terdiri dari campurna ketan putih, ketan hitam dan gula aren yang akan digunakan untuk memberikan rasa manis untuk makanan ini. Varian terbaru dari dodol betawi ada dodol durian jadi Anda bisa coba juga nanti dodol yang lezat satu ini. Rasa dodol yang khas tentunya bisa menjadi oleh-oleh terbaik saat pulang dari kota Jakarta. Dodol dapat bertahan lama tapi makanan ini tidak memiliki pengawetnya.

  1. Bir Pletok

Selain dodol Betawi, Anda juga pasti sudah mendengar nama bir pletok. Minuman ini bukan untuk memabukkan jadi Anda tidak perlu khawatir jika nanti meminumnya. Bir pletok terbuat dari rempat-rempat seperti jahe, serai, daun pandan dan beberapa rempah-rempah lainnya. Diberikan nama bir pletok sebab proses pembuatannya sendiri akan direbus dan kemudian terdengar suara meletup. Biasanya bir ini akan dikemas dalam botol kaca dan bisa juga dalam bentuk serbuk. Anda bisa jadikan bir pletok sebagai oleh-oleh saat pulang ke kampung halaman.

  1. Roti Buaya

Selanjutnya ada roti buaya yang merupakan salah satu kuliner khas Jakarta yang populer hingga saat ini. Sama dengan namanya, roti buaya memiliki bentuk seperti buaya. Dan ukuran roti ini juga cukup besar. Biasanya roti buaya ini disajikan saat ada pesta pernikahan. Tapi tidak perlu khawatir karena beberapa kedai oleh-oleh di Jakarta sudah ada yang menyediakan roti ini untuk dijadikan oleh-oleh nanti.

  1. Kembang Goyang

Siapa sih yang tidak kenal dengan kue kembang goyang? Nama makanan ini cukup dikenal tidak hanya orang asli Jakarta saja tapi yang berada di luar Jakarta pun sudah familiar dengan nama makanan ini. Kue ini dinamakan kembang goyang karena bentuknya yang menyerupai bunga matahari yang tengah mekar. Kue ini biasanya dijadikan oleh-oleh kala bertandang ke kota Jakarta. Karena selain rasanya yang lezat, harga kembang goyang juga sangat terjangkau. Biasanya diberikan taburan biji wijen ke atas kue ini sehingga membuat rasanya jadi semakin gurih dan Anda pun bisa menikmati makanan satu ini.

  1. Kue Semprong

Jajanan khas Jakarta yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh berikutnya adalah kue semprong. Kue ini sudah dikenal hingga ke seluruh Indonesia. Memiliki bentuk menyerupai tabung kecil yang memanjang dan dengan rasa yang gurih membuat jajanan ini sangat digemari. Dan menariknya lagi, aroma dari kue ini juga akan menarik perhatian dari para konsumen. Bahkan banyak yang membeli kue semprong dalam jumlah besar karena selain ingin menikmati kue ini, mereka juga menjadikan Kue Semprong sebagai oleh-oleh dari Jakarta. Kue ini cocok untuk Anda yang suka dengan rasa makanan yang manis sebab bahan baku dari makanan ini adalah gula merah.

Beberapa Toko Terkenal yang Menjual Kuliner Khas Jakarta

Jika saat ini Anda ingin membeli makanan khas Jakarta untuk dibawa ke kampung halaman, maka beberapa toko ini bisa coba Anda datangi. Pertama ada KSM Oleh-Oleh Khas Betawi yang menjual beragam jenis oleh-oleh, kerajinan tangan dan beberapa barang yang khas lainnya. Kemudian, ada toko Setu Babakan yang merupakan tempat oleh-oleh khas Betawi dimana Anda bisa membeli bir pletok, kue semprong dan masih banyak lagi disini.

Toko terkenal yang menjual khas Jakarta selanjutnya ada Betawi Store dimana tempat ini berada di sekitaran Monas. Meski masih baru, tapi Anda bisa memilih berbagai oleh-oleh khas kota Jakarta mulai dari pakaian hingga makanan. Nah itu beberapa toko dan juga beragam oleh-oleh khas Jakarta yang bisa Anda beli.