• February 28, 2024
Kuliner Semarang

Daftar Kuliner Semarang yang Bikin Ketagihan

Apa yang anda pikirkan ketika mendengar kota Semarang? Pasti anda akan memikirkan tempat wisata dan tempat kulinernya. Semarang memang terkenal sebagai tempat yang memiliki beragam wisata. Selain itu Semarang juga cocok dijadikan tempat wisata kuliner. Semarang memiliki beberapa daftar menu kuliner yang wajib dicoba. Bermacam menu kuliner tersebut bahkan membuat pelanggan ketagihan dan ingin kembali lagi.

Semarang merupakan kota dengan beragam julukan. Semarang sering disebut sebagai Kota Atlas. Selain itu Semarang juga dikenal sebagai kota lumpia. Semarang juga terkenal sebagai kota jamu karena memproduksi berbagai macam jamu-jamuan tradisional. Itulah beberapa julukan yang disandang Semarang. Satu hal yang membuat kota Semarang sering dikunjungi wisatawan karena kulinernya. Banyak pengunjung yang sengaja datang untuk berwisata kuliner.

Wisata Kuliner yang Wajib Dicoba di Semarang

Bagi anda yang berada di wilayah Semarang dan sekitarnya anda bisa mulai mencoba wisata kulinernya. Wisata kuliner di kota Semarang ini menawarkan beragam pilihan menu makan dan minuman. Menu kuliner yang ada di Semarang ini bahkan bisa membuat ketagihan untuk datang lagi. Inilah beberapa tempat wisata kuliner yang bisa didapatkan di kota Semarang.

  1. Mie Sang Kie

Bagi pecinta mie wajib mampir ke tempat kuliner satu ini. Kedai mie ini sangat terkenal dan telah berdiri sejak zaman kolonial. Hingga saat ini jumlah penikmat Mie Sang Kie terus bertambah. Tempat kuliner mie ini menawarkan beberapa produk mie seperti mie godok, mie telur dadar, dan berbagai menu mie lainnya.

  1. Kampung Laut

Sesuai dengan namanya tentu anda sudah tahu menu makanan di tempat satu ini. Para penggemar makanan seafood wajib mencoba makanan di Kampung Laut ini. Kelezatannya mampu membuat semua orang tertarik untuk datang dan menikmati beragam hidangan yang disajikan. Tempat ini semakin menarik untuk dikunjungi karena menyediakan saung-saung yang indah.

  1. Gulai Kambing Bustaman

Pecinta gulai kambing bisa merapat ke tempat kuliner Bustaman ini. Tempat kuliner ini sangat strategis sehingga mudah untuk dijangkau para wisatawan yang datang ke kota Semarang. Ciri khas gulai dari tempat ini adalah kuahnya yang encer namun rasanya gurih. Para penggemar masakan kambing pasti ketagihan untuk datang lagi. Porsi gulai yang ditawarkan juga lumayan besar bisa disantap untuk dua orang. Rasa gulai akan semakin sedap jika ditambah dengan perasan jeruk nipis dan juga potongan bawang merah.

  1. Ayam Goreng Pakne Heksa

Hampir semua orang menyukai ayam goreng. Menemukan menu ayam goreng tergolong sangat mudah bisa dimana saja. Namun bagi anda yang berada di Semarang dan sekitarnya bisa merapat ke tempat kuliner satu ini. Ayam goreng milik Pakne Heksa menawarkan rasa yang luar biasa. Para pelanggan bisa memilih cabai sesukanya untuk tingkat kepedesan.

  1. Bakmi Jawa Pak Ateng

Bakmi Jawa wajib dicoba ketika datang ke kota Semarang. Bagi anda yang tertarik untuk berwisata kuliner di Bakmi Jawa Pak Ateng ini harus sabar mengantri. Biasanya pesanan bakmi jawa Pak Ateng ini selalu laris. Pembuatan mienya juga masih menggunakan anglo atau kompor yang tradisional atau masih menggunakan areng atau batok kelapa sehingga rasanya sangat khas.

  1. Babat Gongso Pak Karmin

Pak Karmin tidak pernah gagal dalam membuat pelanggannya merasa puas. Warung makan babat gongso milik pak Karmin ini telah buka sejak tahun 1971. Babat Gongso buatan Pak Karmin ini terkenal dengan kecapnya yang khas. Warung makan pak Karmin ini tidak terlalu mewah terkesan sangat sederhana. Banyak pelanggan yang berbondong-bondong untuk datang ke wisata kuliner Semarang ini. Membuat menu makanan babat bukanlah hal yang mudah namun bagi pak Karmin sangat mudah untuk membuat babat dengan rasa yang luar biasa.

  1. Nasi Gandul Pak Memed

Nasi Gandul yang ada di Semarang ini tidak pernah berubah rasanya. Walaupun sudah buka sejak berpuluh – puluh tahun yang lalu namun pak Memed selalu menghadirkan rasa nasi Gandul yang luar biasa. Nasi Gandul milik pak Memed ini disajikan menggunakan mangkuk daun pisang. Bumbu yang buat juga sangat kental sehingga menghasilkan rasa yang lezat. Para wisatawan yang datang ke Semarang wajib mampir dan merasakan lezatnya kuliner Nasi Gandul ini.

Kurang Lengkap Jika Tidak Mencoba Kuliner di Semarang

Ketika anda tengah bersiwata ke kota Semarang jangan lupa untuk mampir menikmati menu-menu kulinernya. Beragamnya menu makanan tersebut membuat pengunjung bisa lebih mudah memilih menu. Ketika datang ke Semarang dan tidak mencoba wisata kulinernya maka kurang lengkap rasanya. Saat ini berwisata kuliner dari Semarang menjadi pilihan yang sangat tepat. Pilih beberapa wisata kuliner yang sudah dipaparkan di atas untuk memudahkan anda dalam menentukan wisata kuliner paling tepat di Semarang.