• February 28, 2024
Kuliner Khas Kota Surabaya

Daftar Kuliner Surabaya yang Enak dan Rasanya Nendang

Membahas tentang kuliner, mungkin Indonesia akan menjadi juaranya. Tidak hanya memiliki suku, budaya, adat istiadat dan agama yang beranekaragam, tapi Indonesia juga memiliki aneka kuliner di tiap daerah yang siap memanjakan lidah. Anda yang lebih menonjolkan citarasa yang pedas, manis, gurih dan lain-lain. Seperti halnya di Surabaya, ada beragam kuliner yang lezat bisa Anda temukan di kota ini.

Saat berkunjung ke kota Surabaya, tidak hanya tempat-tempat wisata yang bersejarah dan menariknya saja yang bisa Anda datangi. Anda juga wajib mencicipi kuliner khas kota yang mendapat julukan sebagai Kota Pahlawan. Ada rujak cingur, sego pecel, lontong sayur, dan masih banyak lagi makanan khas yang membuat Anda akan ketagihan.

Rekomendasi Kuliner Surabaya yang Wajib Anda Coba

 Jika saat ini Anda tengah merencanakan akan berlibur di kota Surabaya, sembari mengunjungi destinasi wisatanya, Anda bisa mencicipi beberapa kuliner khas Surabaya berikut ini:

  1. Kepiting Cak Gundul 1992

Untuk Anda yang cinta dengan seafood, maka wajib mengunjungi Kepiting Cak Gundul 1992 yang berada di Jl. Raya kupang Indah, Surabaya. Restoran ini sudah ada sejak tahun 1992 sesuai dengan  namanya. Restoran ini menyajikan berbagai olahan dari hasil tangkapan laut khususnya kepiting. Anda bisa memilih sendiri ukuran kepiting yang ingin disantap dan sausnya. Restoran ini sudah terkenal di kota Surabaya bahkan cabangnya pun tidak hanya di kota ini saja melainkan di beberapa kota besar di Indonesia misalnya saja Jakarta. Jadi Anda yang berada di Jakarta tidak perlu repot ke Surabaya untuk mencicipi kuliner satu ini karena cabang restoran ini sudah ada juga di Jakarta.

  1. Sate Klopo Ondomehen

Mungkin sebagian dari Anda ada yang belum pernah mendengar panganan sate klopo. Makanan ini memang unik dan beda dengan sate kambing atau ayam yang pernah Anda temui di Jakarta. Sate klopo memiliki ciri khas seperti  membalutkan kelapa yang sudah disangrai ke sate sebelum dibakar. Di kota Surabaya, sate klopo ini termasuk yang termahsyur. Ada berbagai jenis sate yang ditawarkan di rumah makan ini mulai dari sate ayam, daging sapi, usus, udang bahkan sate sum-sum juga ada disini. Memiliki cita rasa yang gurih membuat wisatawan ingin menikmati kelezatan dari makanan satu ini.

  1. Tahu Campur Kalasan

Sesuai dengan namanya, rumah makan ini berada di jl. Kalasan, Surabaya. Berbagai olahan tahu disajikan disini. Tahu dicampur dengan daging yang sudah dipotong-potong kecil, jeroan sapi dan selada. Kemudian, ditambah lagi dengan bumbu yang kental dan khas. Jadi, jika Anda tengah berkunjung ke kota ini, wajib mampir ke Tahu Campur Kalasan.

  1. Rujak Cingur Ahmad Jais

Di Surabaya, rujak cingur menjadi salah satu makanan khas yang sudah populer. Jika di daerah lain isian dari rujak adalah buah-buahan beda dengan rujak cingur di kota Surabaya ini. Isinya adalah sayur mayur ditambah irisan hidung sapi yang sudah direbus dulu sampai empuk. Penyajian irisan hidung sapi ini mirip seperti kikil sapi. Saat menyantap makanan ini, ada sensasi rasa pedas, kenyal dan pastinya enak. Anda bisa mendatangi restoran Rujak Cingur Ahmad Jais jika ingin mencicipi makanan yang khas dengan Kota Pahlawan ini. Anda juga bisa menambahkan sambal khusus yang akan membuat rasa dari rujak cingur ini semakin lezat.

  1. Lontong Balap Garuda

Jika Anda tengah bertandang ke kota Surabaya, wajib juga mencicipi Lontong Balap. Nama lontong balap sendiri ternyata diambil dari tingkah para pedagang lontong yang biasanya berjalan dengan tergesa-gesa karena pikulannya yang berat. Di dalam lontong balap terdiri dari lontong, tahu goreng, lento dan toge. Kemudian, campuran tadi akan disiram kuah dengan citarasa yang khas ini. Anda bisa pergi ke Lontong Balap Garuda jika ingin mencicipi lontong balap yang lezat.

  1. Pecel Semanggi

Pecel termasuk makanan khas kota Surabaya, Jawa Timur. Makanan ini terdiri dari bermacam-macam sayur kemudian disiram dengan kuah kacang yang akan membuat cita rasanya semakin lezat. Di kota Surabaya ini, pecel semanggi menjadi pecel yang legendaris dimana bahan dasar yang digunakan adalah daun semanggi. Tapi sayangnya, makanan ini sudah jarang ditemui saat ini.

Rencanakan Liburan Anda dari Sekarang

 Jika Anda ingin berlibur ke kota Surabaya, maka Anda wajib merencanakannya dari sekarang. Karena Surabaya tidak hanya memiliki destinasi wisata yang menarik tetapi juga kaya akan wisata kuliner yang lezat. Anda bisa mencicipi makanan khas kota ini di tempat-tempat yang telah disebutkan tadi. Jika Anda ingin menjelajahi kota ini, maka siapkan dari sekarang. Mulailah menabung, menyusun tempat-tempat yang ingin didatangi dan lain-lain. Perencanaan yang matang akan membuat liburan Anda terasa jauh lebih menyenangkan. Selamat berlibur.