• February 28, 2024
Mie Aceh

Daftar Makanan Khas di Indonesia Beserta Asal Daerahnya

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki makanan tradisional yang beragam. Karena hampir semua daerah di Indonesia memiliki makanan khas. Di setiap daerah bahkan memiliki puluhan kuliner khas hanya saja dari banyaknya makanan khas tersebut hanya beberapa yang terkenal tidak hanya dalam lingkup nasional tapi juga Internasional.

Jika Anda hobi traveling dan menjelajahi kota-kota di Indonesia, kurang lengkap rasanya jika tidak mencoba makanan khas dari tempat yang Anda kunjungi. Karena itu, Anda harus tahu dulu apa saja  makanan khas dari beberapa daerah di Indonesia yang bisa Anda coba saat berkunjung kesana.

Rekomendasi Makanan Khas Indonesia Beserta Daerah Asalnya

Sebelum berkunjung ke tempat wisata di Indonesia, sebaiknya Anda harus tahu dulu apa saja makanan tradisional yang khas dari daerah-daerah di Indonesia. Dengan begitu, saat traveling Anda juga bisa berwisata kuliner yang mengenyangkan.

  1. Karee Kameng

Jika Anda hendak bepergian ke Aceh, jangan lupa mencoba makanan tradisional yang khas dengan kota ini yaitu Karee Kameng. Makanan ini bisa dibilang sajian yang paling disukai warga Aceh. Karee Kameng biasa disebut kari kambing. Lauk makanan ini selalu ada di hampir setiap kedai nasi yang ada di Aceh. Biasanya, kari ini akan langsung terlihat dari depan kedai yang diletakkan ke dalam wajan besar yang selalu dipanaskan.

  1. Mie Aceh

Selain Karee Kameng, Aceh juga terkenal dengan kulinernya yang bernama Mie Aceh. Mie ini memiliki cita rasa pedas. Jadi buat Anda pecinta makanan pedas wajib mencicipi makanan tradisional satu ini. Bahan utama yang akan digunakan untuk mie tradisional adalah mie telor atau mie kuning. Biasanya, mie ini akan disajikan bersama dengan irisan daging sapi atau kambing. Ada juga beberapa kedai yang mencampurkan mie ini dengan seafood seperti udang, kepiting dan cumi. Mie ini akan dilumuri sup kari yang pedas dan gurih. Ada tiga jenis mie aceh yang bisa Anda coba yakni setengah basah, goreng atau kering dan sup atau kuah. Dalam penyajiannya biasanya akan ditaburi bawang goreng, mentimun, emping serta air jeruk nipis yang diperas di atasnya.

  1. Lempah Kuning

Lempah Kuning menjadi makanan tradisional khas Bangka yang cukup populer di Indonesia. Anda bisa membeli makanan ini di warung atau di rumah makanan. Menu ini bisa jadi lauk makan sehari-hari. Lempah kuning atau lempah laut memiliki bahan dasar ikan dan nanas. Kehadiran nanas dalam masakan ini memberikan cita rasa sedikit asam dan aromanya jadi lebih harum. Umumnya, makanan ini mirip dengan asam pedas yang ada di Riau ataupun makanan pindang di Palembang.

  1. Gado-Gado

Siapa sih yang tidak kenal dengan Gado-Gado? Makanan tradisional dari Betawi ini sudah populer bahkan sejak abad ke-16. Jika dilihat sekilas, makanan ini serupa dengan makanan tradisional lainnya seperti lotek yang berasal dari Jawa Barat ataupun pecel dari Jawa timur. Tapi bedanya, racikan gado-gado tidak memakai kencur. Gado-Gado bahkan sempat dijuluki sebagai saladnya Indonesia sebab makanan ini berisi beberapa jenis sayuran yang dicampur jadi satu dan dibaluri saos kacang yang sudah dihaluskan sebelumnya. Makanan ini disajikan bersama telur dan bawang goreng yang ditabur diatasnya. Tak heran jika banyak orang menyukai makanan khas Indonesia satu ini.

  1. Bika Ambon

Bika Ambon menjadi makanan tradisional Indonesia yang sudah dikenal di Mancanegara. Mungkin mendengar nama kuliner ini Anda mengira asalnya dari Ambon. Tapi opini Anda salah, kue ini berasal dari Medan, Sumatera Utara. Kue bika merupakan kue khas Melayu yang kemudian dimodifikasi dan menghasilkan kue dengan rongga di dalamnya sehingga kue ini memiliki tampilan yang jauh berbeda dari kue khas Melayu. Disebut bika ambon sebab pertama kalinya kue ini dijual di Jalan Ambon, Medan. Kue bika terbuat dari beberapa bahan seperti tepung terigu, santan, gula, telur, pandan wangi dan beberapa bahan tambahan lainnya. Bika Ambon menjadi makanan khas Medan yang disukai banyak masyarakat di Indonesia. Memiliki citarasa yang lezat dan teksturnya berserat membuat kue ini langsung populer. Kini Bika Ambon banyak dijual di beberapa kota besar di Indonesia.

Alasan Masakan Indonesia Memiliki Rasa yang Super Lezat

Indonesia memang sudah terkenal dengan kekayaan kulinernya yang mengagumkan. Bahkan ada beberapa makanan di Indonesia yang masuk ke dalam daftar makanan terlezat di dunia. Indonesia memiliki banyak makanan lezat karena bumbu rempahnya yang berlimpah. Jadi tak jarang jika rasa makanan yang ada di Indonesia rasanya sulit ditemukan pada makanan yang ada di negara lain. Selain itu, masakan di Indonesia juga diolah hingga benar-benar matang. Ini yang membuat masakan di Indonesia jadi lebih menggugah selera dan cocok untuk lidah siapapun bahkan dari negara manapun.