• February 28, 2024
Macam-macam Sajian Mie

Daftar Mie Khas Daerah Indonesia Wajib Dicoba

Indonesia tidak hanya kaya akan keragaman budaya tetapi juga kulinernya yang lezat. Salah satu kuliner yang dekat dengan masyarakat Indonesia adalah mie. Ada beberapa daerah di Indonesia yang memiliki beragam olahan mie dengan kekhasan tersendiri. Jika Anda juga termasuk pecinta makanan dengan bahan dasar mie, maka Anda wajib coba mie khas Indonesia yang paling populer saat ini.

Beragam Olahan Mie Khas Daerah di Indonesia yang Harus Anda Coba

Jika Anda ingin mencicipi kuliner khas Indonesia dengan bahan dasar mie, maka beberapa daftar makanan ini bisa Anda coba.

  1. Mie kocok

Jika Anda berada di kota Bandung, Anda bisa coba sajian khas kota ini yaitu Mie Kocok. Mie ini merupakan mie kuning gepeng dengan tambahan bakso, tauge, daging sapi yang diiris-iris tipis, kikil, daun bawang, daun seledri dan juga bawang goreng. Mie ini disajikan dengan kuah yang nikmat. Anda harus mencobanya selagi hangat agar lebih mantap. Jangan lupa, tambahkan irisan cabai rawit dan peras sedikit jeruk nipis supaya menambah cita rasa dari mie kocok ini.

  1. Mie Jawa

Sajian Mie Jawa merupakan sajian yang bisa Anda temukan dimana saja. Kuliner asal Yogyakarta ini adalah olahan yang berisi mie, daun bawang, kol, bawang goreng serta ditambah suwiran ayam yang akan membuat cita rasa makanan ini semakin lezat. Mie Jawa kini juga ada varian gorengnya atau dibuat dengan sedikit basah atau nyemek. Mie ini akan sangat lezat jika Anda tambahkan irisan cabai rawit dan bawang goreng ke dalamnya.

  1. Mie Ongklok

Ketiga, ada Mie Ongklok yang berasal dari Wonosobo. Mie ini merupakan mie yang khas jadi jika Anda berada di kota Wonosobo jangan lewatkan untuk mencicipi mie ongklok. Mie ini merupakan mie kuning yang disajikan dengan irisan daun bawang dan kol kemudian disiram dengan kuah yang lezat dan kental. Anda bisa mencicipi mie ongklok ini dengan tambahan sate ayam, tempe kemul, bawang goreng dan tambahkan juga irisan cabai rawit jika Anda pecinta makanan pedas.

  1. Mie Aceh

Saat bertandang ke Aceh, jangan lupa coba sajian khas daerahnya yaitu Mie Aceh. Mie ini tidak hanya terkenal di Aceh saja tetapi di seantero negeri ini sepertinya sudah mengenal mie ini. Mie Aceh adalah mie kuning yang diolah dan ditambah dengan sambal yang pedas. Mie ini memiliki dua varian yakni direbus atau digoreng. Biasanya penyajian mie ini akan ditambah berbagai topping seperti daging, seafood atau jamur juga ada. Jika Anda ingin menyantap mie ini tambahkan daun bawang, bawang goreng, acar serta emping karena semua komponen ini akan membuat cita rasa dari Mie Aceh akan semakin lezat.

  1. Mie Lendir

Yang kelima ada Mie Lendir. Mie ini merupakan makanan khas Tanjung Pinang Kepulauan Riau. Penamaannya yang unik tentu saja dikarenakan kuah mie ini mirip seperti lendir. Kuah mienya berwarna cokelat yang merupakan campuran kacang tanah. Biasanya, mie ini disajikan bersama kuah kental dan beberapa topping seperti daun bawang, bawang goreng, telur rebus dan irisan cabai rawit yang pedas.

  1. Mie Cakalang

Nah, untuk Anda yang berada di kota Manado saat ini, jangan lewatkan kesempatan emas Anda untuk mencicipi mie khas Manado yaitu Mie Cakalang. Mie ini memiliki kuah yang khas karena dibuat dari ikan fufu cakalang sehingga aroma kuahnya sangat khas. Mie Cakalang disajikan dengan ikan cakalang yang sudah disuwir-suwir, sawi, irisan kol, daun bawang dan bawang goreng yang ditabur keatasnya.

  1. Mie Kopyok

Dan terakhir ada Mie Kopyok yang juga merupakan kuliner berbahan dasar mie asal Semarang. Mie ini akan disajikan bersama irisan tahu pong, lontong, kecambah dan kemudian ditambahkan kuah gurih ke dalamnya. Untuk mendapatkan cita rasa yang semakin lezat, Anda bisa tambahkan bawang goreng, daun seledri, remasan kerupukdan tambahkan kecap sesuai selera.

Cara Menetralisir Setelah Konsumsi Mie

Banyak orang beranggapan jika mie bukanlah makanan yang sehat untuk tubuh. Anggapan ini sebenarnya bisa salah dan bisa juga benar tergantung sudut pandang setiap orang. Tapi, jika Anda ingin menetralisir setelah selesai mengonsumsi mie, maka Anda juga perlu memikirkan asupan bergizi lain seperti telur, sayuran, daging cincang dan lain sebagainya. Biasanya. Semua asupan ini akan disajikan bersama mie khas daerah yang kita pesan, bukan? Jika iya, Anda tidak perlu lakukan cara ini tapi apabila mie yang Anda pesan adalah mie instan dan tidak ada tambahan asupan yang bergizi ini, Anda bisa meminta restoran mie tersebut untuk menambahkannya. Anda juga harus kontrol asupan mie yang masuk ke dalam tubuh. Pastikan semuanya memiliki batasan yang normal dan tidak berlebihan.