• February 28, 2024

Inilah 10 Negara Dengan Luas Wilayah Terkecil Di Dunia

Indonesia yang mendapat julukan seribu pulau merupakan salah satu negara yang dianggap besar oleh dunia. Hal ini karena di luar sana ada banyak negara paling kecil di dunia yang ukurannya bahkan tidak seluas Jakarta.

Menurut data dunia, negara yang masuk dalam kategori kecil adalah yang memiliki luas wilayah di bawah 1.000 km2. Meski kecil, tapi jumlah penduduknya bervariasi lho, ada yang memang hanya ratusan orang tapi ada juga yang puluhan ribu.

Daftar Negara Yang Memiliki Luas Wilayah Terkecil Di Dunia

  • Tuvalu

    Sebelum berubah nama menjadi Tuvalu, negara ini awalnya dikenal sebagai Kepulauan Ellice. Berlokasi di wilayah Oseania, nama negara ini memang cukup asing di telinga banyak orang. Tepatnya, Tuvalu terletak di antara Samudra Pasifik, Australia, dan Hawaii.Negara dengan luas wilayah 26 km2 ini bertetangga dengan Samoa, Kiribati, Nauru, dan Fiji. Meski tidak luas, tapi jumlah populasinya tidak sedikit ya, karena mencapai 11.204 jiwa.Mirip Indonesia, Tuvalu merupakan negara kepulauan tapi jumlahnya hanya 9 buah. Negara ini merdeka pada 1978 dan kini kondisinya sedang tidak baik karena terkena dampak yang cukup parah dari naiknya permukaan laut dan perubahan iklim dunia.
  • Palau

    Selanjutnya, ada negara Palau yang punya luas wilayah sekitar 459 km saja dan diisi oleh sekitar 18.058 jiwa. Berdasarkan catatan sejarah, Palau masuk dalam daftar negara termuda di dunia karena baru mendapat kedaulatan di tahun 1994.Dikenal juga dengan nama Republik Palau, negara ini cukup dekat dari Indonesia lho, tepatnya ada di sebelah timur laut Indonesia dan sebelah utara Papua.
  • Nauru

    Terletak di kawasan Oseania, Nauru tercatat sebagai salah satu negara paling kecil di dunia dengan luas wilayah hanya 21 km. Tapi, jumlah penduduknya cukup banyak yaitu 12.769 jiwa. Negara ini pernah dijajah oleh Jepang selama Perang Dunia ke-2, dan baru merdeka pada tahun 1968.
  • Vatikan

    Jika berbicara tentang daftar negara paling kecil di dunia, maka Vatikan tidak mungkin tertinggal. Negara ini tercatat memiliki jumlah populasi yang sedikit yaitu 825 orang dan dengan luas wilayah yang juga kecil yaitu hanya 0,49 km.Sebagai perbandingan, luas Jakarta saja mencapai 661,5 km2, lho! Jadi bisa dibayangkan dong sekecil apa Vatikan? Ya, jauh lebih kecil dari Jakarta. Negara ini terletak di dalam Kota Roma Italia, dan dinobatkan sebagai negara terkecil di wilayah Eropa yang sudah diakui sebagai negara independen.Bernama asli Stato Città del Vaticano, negara ini berdiri pada tahun 1929 dan kini dikenal luas sebagai perumahan Paus. Beberapa hal terkenal lain adalah Lapangan Santo Petrus, Kapel Sistina, dan Basilika Santo Petrus.
  • Kepulauan Marshall

    Berada di Oseania, Kepulauan Marshall merupakan tempat tinggal bagi 41.952 orang dengan luas wilayah 181 km2. Negara ini memiliki 5 pulau besar dan konon sudah menjadi pemukiman manusia sejak tahun 2000 sebelum Masehi, lho. Tapi, negara kecil ini baru merdeka dari penjajahan Jepang, Spanyol, dan Jerman pada tahun 1979.
  • Monako

    Selain Vatikan, daratan Eropa juga memiliki Monako sebagai salah satu negara paling kecil yang luas daratannya hanya 2 km2 dan dengan jumlah penduduk 37.000 jiwa. Meski kecil, negara ini terkenal di kancah internasional dengan Formula One Grand Prix dan bisnis kasino. Hal ini membuat Monako menjadi salah satu tujuan wisata favorit bagi kalangan atas termasuk para selebritas dunia.
  • San Marino

    Jika di Eropa Barat ada Monako, maka di Eropa Selatan ada San Marino yang menyandang gelar negara merdeka paling kecil. Negara ini dikelilingi oleh Italia, dan jumlah penduduknya sekitar 33.644 jiwa yang tinggal di wilayah seluas 61 km2.Meski kecil, San Marino dilirik dunia karena menjadi republik paling tua yang menyimpan beragam arsitektur abad pertengahan. Jika kamu suka wisata sejarah, maka San Marino cocok menjadi pilihan.
  • Liechtenstein

    Liechtenstein adalah negara dengan panorama alam indah meski luas wilayahnya cukup kecil, yaitu sekitar 160,5 km². Terletak di antara Swiss dan Austria, Liechtenstein berisi 39.039 jiwa. Negara ini memiliki sistem pemerintahan monarki konstitusional yang pemimpinnya mendapat gelar pangeran, bukan presiden.Jika jalan-jalan ke Liechtenstein, maka kamu bisa mampir ke puncak Auspitz dan pegunungan Rhatikan untuk menikmati panorama alam yang memanjakan mata. Ada juga pemandangan gunung super menawan dari Kastil Vaduz dan pegunungan Alpen.
  • Saint Kitts & Nevis

    Saint Kitts & Nevis menjadi salah satu negara kecil kaya di dunia. Sektor pariwisata negara ini sangat maju karena adanya Brimstone Hill Fortress National Park, yang telah dinobatkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO.Saint Kitts & Nevis ditempati oleh sekitar 47.745 penduduk dengan luas daratan 261 km2. Negara ini hampir tidak pernah sepi turis dari berbagai negara termasuk Indonesia.
  • Dominika

    Satu lagi negara yg paling kecil di dunia adalah Dominika, yang jumlah penduduknya sekitar 73000 jiwa. Dominika terletak di Karibia, tepatnya di antara Trinidad and Tobago dan Puerto Rico. Pernah dijajah oleh Inggris, Dominika merdeka pada tahun 1978. Pada tahun 1980 – 1995, Dominika dipimpin oleh perdana menteri pertama bernama Mary Eugenia Charles.

Total ada sepuluh negara paling kecil di dunia, yaitu Tuvalu, Palau, Nauru, Vatikan, Kepulauan Marshall, Monako, San Marino, Liechtenstein, Saint Kitts & Nevis, dan Dominika.