• May 22, 2024
Kabar Terbaru Chipset Snapdragon 8 Gen 4 yang Menggembirakan

Kabar Terbaru Chipset Snapdragon 8 Gen 4 yang Menggembirakan

Snapdragon 8 Gen 4 menjadi chipset terbaru yang rencananya akan diluncurkan pada akhir tahun 2024 ini. Walau belum mendapatkan kabar resmi, namun beberapa bocoran sudah mulai terdengar.

Banyak rumor mengatakan kalau di generasi ini, ada beberapa peningkatan mulai dari spesifikasi sampai penambahan fitur-fitur. Hal tersebut menjadi satu berita menarik untuk diperbincangkan oleh semua kalangan.

Fitur Baru dari Snapdragon 8 Gen 4

Snapdragon 8 Gen 4 menjadi salah satu chipset baru yang akan rilis akhir tahun, dengan berbagai peningkatan yang mengesankan sehingga layak ditunggu.

Menurut Wccftech chipset ini memberikan kemampuan luar biasa, bahkan menurut skor yang diberikan angkanya sendiri mencapai ribuan. Hal tersebut menjadi indikasi bahwa, kemampuannya benar-benar tidak mengecewakan.

Bila dilihat dari generasi sebelumnya, angka tersebut ternyata lebih tinggi. Termasuk kalau dibandingkan dengan chipset Apple A17 Pro, hal tersebut dapat terlihat dari berbagai fitur yang disematkan seperti,

1. Percepatan Bertambah

Snapdragon 8 Gen 4 nantinya akan menggunakan silikon yang sengaja dikembangkan sendiri oleh Qualcomm dengan memakai CPU inti Oryon. Hal tersebut membuat kecepatannya benar-benar bertambah hampir 2x.

Bahkan beberapa media menyebutkan kalau chipset ini lebih baik dibandingkan Apple M3. Oleh karena itu, dampaknya untuk smartphone tersebut perfomanya lebih halus, mulus sekaligus responsif dibandingkan sebelumnya.

Dalam hal ini kami bisa membayangkan bila kemampuan tersebut memang dimaksimalkan oleh pabrikan. Maka, saat dimanfaatkan untuk gaming benar-benar meyakinkan, untuk multitasking, nonton film sekaligus bisnis, aman saja.

2. Hadirnya Adreno 830

Snapdragon 8 Gen 4 juga akan menghadirkan GPU baru yaitu Adreno 830. Menurut berbagai sumber, kemampuannya 10% lebih bagus dibandingkan Maple M2, sudah bisa dibayangkan betapa nikmatnya para gamer.

Bukan hanya berhenti sampai di situ saja, ketika melalui pengujian benchmark hasilnya cukup meyakinkan yaitu 7200 poin. Sedangkan Maple M2 hanya di 6800, tidak heran bila rasa penasaran mulai muncul.

Termasuk ekspektasinya mulai meninggi, terlebih menurut pengujian. Saat GPU ini digunakan untuk bermain game yang membutuhkan kapasitas tinggi, rasanya aman-aman saja dan sangat nyaman dengan tampilan sangat memukau.

3. Efisiensi Daya Lebih Baik

Ketika ada sebuah chipset baru dengan perfoma mengesankan. Pasti akan menimbulkan berbagai macam pertanyaan, salah satunya adalah bagaimana dayanya? Apakah akan sangat boros atau justru awet karena ada tambahan teknologi?

Menurut kabar Snapdragon 8 Gen 4 memakai proses 3nm dari generasi kedua TSMC. Dimana dalam hal ini dari segi performa akan meningkat sekitar 15%, untuk efisiensi daya sendiri juga sama.

Peningkatan yang akan terasa mencapai 30%. Hal ini menjadi sebuah angin segar untuk smartphone kelas flagship tentunya, karena biasanya konsumsinya baterai paling sering habis, dengan chipset ini harapannya tidak terjadi.

Ketika sebuah smartphone gagal dalam mempertahankan efisiensi daya, sehingga lebih sering melakukan charging. Maka kemungkinan besar usia handphone tersebut akan lebih cepat mengalami kendala, sehingga menjadi perhatian khusus.

Proses 3nm dari generasi kedua TSMC ini menurut kabar sudah terbuat menggunakan teknologi super canggih. Tidak heran bila kinerjanya menjadi lebih unggul dari pendahulunya, jadi terasa lebih cepat.

Bila melihat dari apa yang dihadirkan kami bisa menebak kalau chipset ini mungkin hanya akan dihadirkan untuk smartphone kelas 20 juta keatas. Bisa dikatakan hampir setara Samsung Galaxy S Series.

4. Cocok untuk Editing Video

Dalam beberapa rumor yang beredar, Snapdragon 8 Gen 4 ini mulai meninggalkan tradisi konfigurasi 1 + 3 + 4. Mereka kemungkinan besar akan menggantinya dengan 6 + 2.

Konfigurasi ini juga digunakan oleh chipset pesaing mereka yaitu mediatek dimensity 9300. Harus diakui perfomanya benar-benar mengagumkan, bahkan untuk proses editing video FHD aman saja, termasuk membuat game berkelas.

Hal ini memberikan harapan tinggi, bahwa nantinya smartphone akan punya kemampuan melakukan teknik editing video sekelas dengan laptop atau PC. Karena selama ini hanya mampu melakukan standar saja.

Kemampuan besar seperti menciptakan resolusi tertinggi memang masih kesulitan. Hadirnya kabar ini menjadi sebuah angin segar, hanya saja minusnya fitur tersebut ada di efisiensi daya, pasti cepat habis.

Disinilah momen menariknya, saat mereka menggunakan proses 3 nm dari gen ke dua TSMC, manakah yang efektif. Kemampuan dalam memberikan efisiensi daya atau perfomanya sangat unggul.

Kondisi tersebut layak menjadi perhatian semua kalangan, karena bisa jadi keunggulan luar biasa atau sebaliknya. Tetapi hal ini masih dalam taraf uji coba, begitupula dengan mediatek.

Hadirnya Ponsel Baru dari Sanpdragon

Snapdragon 8 Gen 4 rencana akan dirilis pada bulan oktober 2024. Sementara untuk produksi smartphone mereka sendiri direncanakan hadir pada Bulan September, hanya saja hal ini menimbulkan keraguan.

Bila melihat kondisi tahun lalu, dimana pada Snapdragon Summit mereka gagal memperkenalkan chipset terbaru. Kemungkinan tahun ini akan bernasib sama karena proses pengujian masih terus berlanjut.

Artinya, masih ada banyak kemungkinan, keunggulan, sekaligus fitur menarik lainnya mungkin bisa dihadirkan. Sambil menunggu kabar baiknya, lebih baik menikmati dulu generasi ke 3 mereka yang sudah rilis.

Snapdragon 8 Gen 4 merupakan teknologi masa depan untuk kelas smartphone yang semakin meningkat, harus diakui bila semua kabar tersebut benar, maka pengalaman menyenangkan akan hadir tahun depan.