• February 28, 2024

Kesalahan Pengendara Mobil Matic Matic yang Wajib Dihindari

Mengendarai mobil memang terasa mudah untuk sebagian besar orang, namun masih banyak dijumpai kesalahan pengendara mobil matic. Penggunaan mobil matic terasa fleksibel daripada mobil manual, hal tersebut tidak bisa dibohongi.

Namun, berbagai kesalahan yang masih sering dilakukan oleh pengguna mobil matic kini harus Anda ketahui. Berikut ini kami sajikan berbagai kesalahan fatal pengendara car matic agar bisa Anda hindari nantinya.

10 Kesalahan dari Pengendara Mobil Matic

Banyak orang memilih mengendarai mobil matic karena mudah dan hemat dalam segi perawatan. Akan tetapi ada beberapa kesalahan dari pengguna yang tidak disadari bisa menjadikan kerusakan pada mobil.

Agar kendaraan kesayangan milik Anda tidak mengalami kerusakan, sebaiknya selalu waspada terhadap macam-macam kesalahan pengendara mobil matic yang sering dijumpai. Inilah 10 kesalahan fatal pengguna mobil matic wajib untuk dihindari.

  1. Berkendara dengan Kecepatan Sangat Tinggi

    Kecepatan sangat tinggi pada automatic car ternyata bisa menyebabkan kinerja mesin terlalu berat dan bikin overheat. Apabila kebiasaan tersebut berlangsung terus menerus tentunya bisa menyebabkan kerusakan pada mesin maupun transmisi.

  2. Memaksa Berkendara Saat Mesin Rusak

    Jangan pernah memaksakan diri untuk mengendarai mobil ketika mesin sedang mengalami kerusakan. Kondisi mesin bermasalah dapat menyebabkan kinerja mesin lainnya lebih sulit dan akhirnya timbul kerusakan lebih parah.

  3. Lupa Injak Rem Saat Menghidupkan Mesin

    Kesalahan lain saat menghidupkan mesin mobil matic cenderung lupa tidak menginjak rem. Hal ini bisa mengakibatkan timbulnya risiko kerusakan pada segi transmisi hingga akhirnya kinerja mesin tidak maksimal.

  4. Mengurangi Putaran Mesin Saat Mengebut

    Kesalahan pengendara mobil matic berikutnya yaitu mengurangi putaran mesin padahal sedang mengebut. Jika mengurangi putaran mesin secara tiba-tiba, maka bisa membuat kerusakan pada transmisi karena harus menghentikan kinerja dengan cepat.

  5. Pemakaian Rem Tidak Pas

    Sejatinya, fungsi rem untuk menghentikan mobil yang melaju secara perlahan. Apabila pemakaian rem tidak pas, bisa jadi akan merusak komponen rem, transmisi, hingga kampas yang menjadi lebih cepat habis.

  6. Memaksa Berkendara Saat Ban Tidak Optimal

    Jarang diketahui orang awam, sebagai pengguna automatic car kini wajib menghindari berjalan dengan ban tidak optimal. Karena kondisi ban yang buruk bisa mempengaruhi kenyamanan dan keselamatan penumpang di dalamnya.

  7. Salah Memilih Bahan Bakar

    Lalu, kesalahan pengendara mobil matic adalah salah memilih bahan bakar utama. Anda harus mengikuti saran dari pabrik mobil asli mengenai bahan bakar yang digunakan supaya tidak merusak komponen dan mesin.

  8. Terlalu Menekan Pedal Gas

    Bagi Anda yang suka mengebut, mulai sekarang jangan pernah terlalu menekan pedal gas. Hal ini akan mempengaruhi kinerja mesin semakin berat, akhirnya bikin suhu meningkat bila tetap dipaksakan terus menerus.

  9. Menghentakkan Mobil

    Jangan pernah menghentakkan mobil saat berkendara melewati jalan berlubang, polisi tidur, atau sejenisnya. Walaupun suspensi mobil sangat nyaman, sebaiknya hindari menghentakkan kendaraan agar kualitas suspensi tetap terjaga dengan baik.

  10. Berkendara Mode Manual

    Kesalahan pengendara mobil matic seringkali ditemukan yakni mengaktifkan mode manual saat berada di jalan raya. Sejatinya, mode manual hanya boleh digunakan untuk situasi darurat supaya terhindar dari bahaya kecelakaan.

    Apabila situasi di jalan raya masih aman terkendali, mode matic tetap harus aktif sepanjang waktu. Kebanyakan masalah timbul dari sebuah kesalahan dalam menggunakan automatic car sebagai manual car.Adapun beberapa efek yang akan ditimbulkan selama pengendara masih melakukan kesalahan dalam membawa mobil. Langsung saja, yuk simak penjelasan ini untuk mengetahui secara lengkap dampak kesalahan mengendarai automatic car.

Dampak Kesalahan Mengemudi Mobil Matic

Kesalahan pengendara mobil matic dapat menyebabkan beberapa dampak yang mungkin jarang diketahui pemiliknya. Jika masih awam dan penasaran apa saja efek kesalahan dalam mengendarai kendaraan, lebih baik ikuti penjelasan ini. Apabila kesalahan dalam mengemudi sebuah mobil, salah satu dampak pertama adalah membuat penumpang tidak nyaman. Efek ini terasa ketika pengendara menekan pedal gas berlebihan, menekan rem mendadak, dan sebagainya.

Selain itu, efek kesalahan dalam membawa kendaraan roda empat bisa menyebabkan kerusakan pada mesin. Meskipun kerusakan tidak timbul secara instan, tapi dalam jangka panjang pasti tiba waktunya butuh perbaikan. Kesalahan dalam mengemudi sebuah mobil secara tidak langsung bikin performa mesin turun drastis. Tinggal menunggu waktu, sampai akhirnya komponen tertentu pada mesin mobil harus mengalami kerusakan tanpa disadari sebelumnya.

Dampak lain saat melakukan kesalahan pengendara mobil matic membuat kondisi mesin cepat panas. Istilah lebih populernya adalah overheat, di mana mesin kendaraan sangat panas melebihi batas suhu normal. Terakhir, dampak salah mengemudi kendaraan adalah membahayakan penumpang di dalamnya. Keselamatan saat berkendara sangatlah mahal ketika Anda masih sering melakukan kesalahan secara sengaja maupun tidak sengaja.

Berbagai kesalahan yang ada saat mengendarai mobil matic kini harus dihindari. Tujuan menghindari berbagai kesalahan tidak lain untuk menjaga keselamatan penumpang sekaligus membuat kondisi mesin tetap awet. Jangan sampai mengulangi kesalahan yang sama ketika membawa mobil matic. Karena setiap kesalahan pengendara mobil matic dapat memberikan dampak membahayakan bagi kendaraan dan penumpang.

2 thoughts on “Kesalahan Pengendara Mobil Matic Matic yang Wajib Dihindari

Comments are closed.