• February 28, 2024
Oleh-oleh Khas Jombang

Kuliner Khas Jombang yang Bisa Dijadikan Oleh-Oleh

Jombang adalah salah satu kabupaten di provinsi Jawa Timur. Banyak orang mengenal kabupaten ini sebagai Kota Santri dikarenakan ada banyak sekolah pendidikan agama Islam dan pondok pesantren yang bisa Anda jumpai disini. Kabupaten Jombang juga memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Potensi wisatanya mampu menarik perhatian dari para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Ada beberapa destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi saat berada di tempat ini seperti candi, pemandian air panas, air terjun dan masih banyak lagi yang lain. Jika Anda sudah puas menjelajah tempat-tempat wisata di Jombang, jangan lupa cicipi kuliner khas Jombang. Anda juga bisa membeli oleh-olehnya untuk dibawa pulang nanti.

Rekomendasi Kuliner Khas Jombang yang Bisa Dijadikan Oleh-Oleh

Jika Anda saat ini ingin berwisata di kabupaten Jombang, maka jangan lupa cicipi beberapa kuliner khas Jombang berikut ini yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang nanti:

  1. Tahu Pong

Anda bisa menjadikan Tahu Pong sebagai oleh-oleh khas Jombang saat pulang ke kampung halaman. Penamaan tahu pong ini dikarenakan bagian tengah tahu kosong. Biasanya orang-orang akan menyantap tahu pong dalam keadaan masih panas. Anda bisa menambahkan saus, cabai atau sambal petis agar rasa dari Tahu Pong ini jadi lebih lezat. Harganya sangat terjangkau, hanya 19 ribu rupiah saja Anda sudah bisa membawa pulang makanan khas Jombang satu ini.

  1. Jenang Kupas

Buat Anda yang sering pergi ke Jombang pasti sudah tidak asing lagi dengan nama kuliner satu ini. Jenang Kupas menjadi salah satu kuliner khas Jombang yang paling banyak diburu terutama saat Hari Raya Idul Fitri tiba. Jenang Kupas terbuat dari kelapa muda, tepung ketan, tepung terigu dan gula pasir. Rasa dari Jenang Kupas ini manis dan aroma kelapa mudanya pun sangat khas. Dengan tekstur yang kenyal dan lembut membuat banyak orang mudah jatuh hati dengan makanan satu ini. Anda yang ingin mencicipi makanan khas Jombang ini bisa mencarinya di toko oleh-oleh. Harganya sangat terjangkau. Hanya 15 ribu rupiah saja Anda sudah bisa mendapatkan makanan ini.

  1. Jambu Bol Gondang Manis

Ada juga Jambu Bol Gondang Manis yang wajib dicicipi saat berkunjung ke kabupaten Jombang. Buah ini tidak bisa ditemukan di daerah lain. Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi buah yang rasanya manis dan kulitnya yang berwarna merah ini. Jambu bol memiliki daging buah yang berwarna putih dan teksturnya juga empuk. Untuk harganya sendiri dibanderol 50 rupiah per kilogram.

  1. Brondong Ketan

Sama seperti namanya, kuliner khas Jombang ini dibuat dari ketan dan juga gula karamel. Teksturnya lengket dan rasa yang manis membuat banyak orang tertarik untuk mencicipi makanan satu ini. Untuk bentuknya sendiri ada yang bulat dan ada juga yang persegi panjang. Sedangkan untuk harganya mulai dari 10 ribu rupiah saja.

  1. Kerupuk Beras

Kerupuk beras biasanya disebut masyarakat lokal dengan nama gendar. Melihat dari namanya, kuliner khas kabupaten Jember ini terbuat dari nasi yang diadon dan ditumbuk sampai halus baru kemudian diberikan bumbu khas dan rempah-rempah. Anda yang ingin merasakan gurihnya kerupuk beras bisa membelinya di pasar-pasar tradisional atau di tempat oleh-oleh juga ada. Harga untuk satu bungkus kerupuk beras sangat terjangkau yakni hanya 10 ribu rupiah saja.

  1. Donat Kampoeng

Donat kampoeng menjadi kuliner khas Jombang selanjutnya yang wajib Anda coba saat berkunjung ke kabupaten ini. Dinamakan donat kampoeng sebab cara membuatnya yang masih sangat tradisional. Meski caranya sama seperti dulu tapi soal rasa, donat ini tidak kalah lezat dari donat yang dibuat dengan cara modern. Bahkan sekarang ini donat kampung punya beragam topping yang bisa Anda pilih sesuai keinginan nanti.

  1. Pia Kacang Hijau

Jika dilihat dari tampilannya, Pia Kacang Hijau ini seperti pia yang berasal dari Jogja. Tapi Anda tentu akan merasakan kekhasan dari Pia Kacang Hijau ini karena lebih empuk dan lembut. Sementara untuk rasanya gurih dan manis. Tidak hanya diisi dengan kacang hijau saja, varian dari pie ini biasanya ada coklat, durian, keju dan lain-lain. Harga untuk kuliner satu ini juga murah hanya 15 ribu rupiah saja.

Tempat Membeli Oleh-Oleh di Jombang, Jawa Timur

Buat Anda yang saat ini ingin membeli oleh-oleh di Jombang, Jawa Timur tidak perlu khawatir karena saat ini ada banyak tempat oleh-oleh yang menawarkan beragam kuliner khas Jombang dengan harga terjangkau. Anda bisa membeli di Pusat Oleh-Oleh Jawa Timur atau biasanya di dekat-dekat tempat wisata juga ada. Jika Anda berada di luar Jawa Timur, pemesanan bisa dilakukan melalui online. Nah sekarang Anda sudah tidak bingung lagi akan membeli oleh-oleh atau kuliner apa saja jika nanti berkunjung ke Jombang nanti.