• May 22, 2024
Lifehack Membuat Ruangan Sejuk Meski Tanpa AC

Lifehack Membuat Ruangan Sejuk Meski Tanpa AC

Beberapa Lifehack membuat ruangan sejuk berikut ini pasti akan bermanfaat. Terutama bagi Anda yang tinggal di Indonesia yang terkenal akan musim panasnya.

Salah satu solusi adalah dengan menggunakan pendingin ruangan atau AC. Namun, bagaimana jika Anda belum bisa membeli alat tersebut tapi tetap ingin membuat ruangan tetap terasa dingin?

Lifehack Membuat Ruangan Sejuk

Jangan khawatir karena ada beberapa lifehack dalam membuat ruangan sejuk meskipun tanpa menggunakan ac. Tentu saja cara ini bisa mempermudah hidup tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Lifehack Membuat Ruangan Sejuk

1. Memasang Tirai Tebal

Beberapa dari Anda mungkin masih belum menyadari bahwa ternyata tirai juga memegang peranan yang sangat penting. Agar sebuah ruangan tidak terlalu panas, akan lebih baik jika memasang tirai tebal.

Ini karena tirai tersebut bisa menghalangi sinar matahari yang dapat menjadi sumber panas. Sebuah tips adalah memilih tirai blackout karena jenis ini dapat menginsulasi panas dengan baik.

2. Tutup Pintu saat Ruangan Tidak Dipakai

Contoh lifehack membuat ruangan sejuk lainnya adalah menutup pintu ketika ruangan tidak dipakai. Terutama di musim kemarau di mana sebaiknya Anda tidak terlalu banyak membuka pintu beberapa ruangan dalam rumah.

Alasannya adalah udara sejuk akan mudah terbagi dan menyebar ketika ada banyak pintu dibuka dalam sebuah rumah. Inilah yang membuat suasana menjadi kurang dingin dan terkesan panas.

Oleh karena itu, jika memang sebuah ruang dalam rumah sudah tidak dipakai, alangkah lebih baik untuk menutup pintunya. Setelah beberapa saat, suhu akan menurun dan lebih dingin.

3. Membuat Trik Khusus pada Kipas Angin

Banyak dari Anda yang mungkin belum tahu lifehack membuat ruangan sejuk ini. Kita semua tahu bahwa kipas angin merupakan salah satu barang elektronik yang hampir dimiliki semua orang.

Jika Anda mempunyainya, coba taruh semangkuk es batu tepat di depan kipas angina tersebut. Udara dingin dari es akan disebar oleh angina dari kipas sehingga suasana lebih sejuk.

Selain itu, sekarang ini juga terdapat kipas yang bisa berfungsi layaknya AC. Biasanya, produk tersebut memiliki bagian di mana Anda bisa memasukkan air dan es batu. Selanjutnya, tinggal menghidupkan kipas dan udara dingin akan menyebar.

4. Tidur di Lantai

Ini merupakan lifehack membuat ruangan sejuk paling sederhana dan bisa dicoba dalam waktu cepat. Kita tahu bahwa lantai memiliki suhu yang lebih dingin.

Jika memang Anda sedang kepanasan terutama saat akan tidur, maka cobalah turunkan kasur atau matras tepat di atas permukaan lantai. Selain membuat tidak gerah, banyak orang setuju bahwa cara ini memang lebih nyaman dan aman.

Untuk ubin memang sebaiknya pilih yang berwarna cerah dan bukan jenis dope. Ubin dengan kriteria itu sangat baik untuk menyejukkan udara yang ada di sebuah ruangan.

5. Pikirkan tentang Lampu atau Pencahayaan

Siapa yang masih memakai lampu jenis bohlam dalam rumah? Jika Anda masih memakainya, sudah saatnya untuk menggantinya ke jenis CFL. CFL dikenal juga sebagai compact fluorescent lamps.

Lampu itu sangat baik dalam menyerap energy panas. Bahkan, produk tersebut dinilai lebih hemat listrik dibandingkan dengan jenis lainnya seperti bohlam dan neon.

6. Memilih Exhaust Fan atau Kipas Angin Gantung

Salah satu lifehack membuat ruangan sejuk yang patut dicoba adalah memasang exhaust fan. Lebih dikenal juga dengan kipas angin gantung, ternyata jenis ini mampu membuat udara lebih dingin.

Jika sudah memasang, maka atur putarannya agar melawan arah jarum jam. Metode ini dikenal sangat baik dalam menciptakan angin yang lebih kencang dan dingin tentunya.

Trik lain adalah memasang exhaust fan yang menghadap udara luar. Kipas jenis ini ternyata juga mampu mengeluarkan udara panas dari ruangan atau rumah Anda.

Memakai Jenis Bahan Katun

Beberapa lifehack membuat ruangan sejuk sangat mudah dan efektif. Namun, jika Anda ingin membuatnya semakin lengkap, maka pertimbangan juga untuk memakai bahan katu.

Terutama untuk berbagai jenis perlengkapan yang ada di rumah. Sebagai contoh adalah sarung bantal guling, sprei, hingga baju yang dipakai sehari – hari. Katun dikenal sebagai bahan kain yang memang sangat nyaman.

Memakainya akan menghindarkan Anda dari rasa gerah dan panas. Inilah mengapa banyak baju, terutama pakaian anak-anak yang lebih banyak dibuat dari bahan ini.

Pilih atau Ciptakan Lingkungan Hijau

Selain beberapa trik di atas, ada baiknya untuk memperhatikan aspek lingkungan juga. Jika memang belum terlanjur, tidak ada salahnya memilih lokasi rumah yang memang ada di daerah hijau.

Maksudnya adalah dalam kawasan yang masih banyak terdapat pepohonan, ruang terbuka hijau seperti taman, danau, sungai, dan lain sebagainya. Biasanya, nuansa seperti ini akan memberikan kesegaran tersendiri.

Bagaimana jika Anda sudah terlanjur tinggal di lingkungan gersang? Jangan khawatir karena sekarang ada banyak metode mudah membuat kebun meski di lahan yang sempit.

Misalnya dengan menciptakan taman gantung, memakai kantong tumbuh, memanfaatkan teras, dan sebagainya. Berbagai lifehack membuat ruangan sejuk seperti itu akan membuat Anda semakin nyaman.