• April 16, 2024
luar-negri

Makanan Khas Tahun Baru dari Berbagai Negara

Perayaan tahun baru tidak akan lengkap tanpa menghadirkan makanan. Seperti halnya, di sejumlah negara yang memiliki tradisi makan makanan khas saat malam pergantian tahun. Masakan yang disajikan ini bukan hanya untuk mengenyangkan perut, tapi juga sebagai penghantar harapan dan doa pergantian tahun. Misalnya saja, mi panjang umur sebagai harapan untuk diberikan umur yang panjang. Berikut tradisi makanan tahun baru di berbagai negara.

Makanan Khas Tahun Baru dari Berbagai Negara

    • Kransekage, Denmark dan Norwegia

      Ada makanan unik yang selalu tersaji di meja makan rumah orang Denmark dan Norwegia. Namanya, kue kransekage. Kue kransekage memiliki bentuk seperti donat yang ditata menyerupai Menara. Kue ini memiliki bahan dasar marzipan yang disajikan dengan minuman hangat tradisional saat malam pergantian tahun. Makanan unik ini dihias semeriah mungkin dengan ornamen bendera dan petasan untuk melambangkan kemeriahan pergantian tahun baru.

    • Acar ikan haring, Polandia dan Skandinavia

      Orang Polandia dan daerah Skandinavia percata ikan haring bisa mendatangkan karunia baik. Selain itu, ikan haring juga dijadikan simbol kemakmuran. Bahkan saat malam pergantian tahun baru, rumah-rumah di sana biasa menyuguhkan acar ikan haring. Cara membuat acar ikan hering cukup mudah, rendam ikan dengan air garam selama 24 jam. Kemudian tambahkan irisan bawang bombai, rempah, gula, dan cuka.

    • Cotechino con lenticchie, Italia

      Cotechino con lenticchie adalah sop sosis yang sosisnya dipotong seperti koin. Masakan ini dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan dalam hal mencari uang. Disajikan juga, bola-bola goreng yang diberi madu dan taburan gula halus sebagai penutup malam pergantian tahun yang manis.

    •  King cake, Perancis dan Bulgaria

      King cake atau yang biasa disebut juga kue raja, bisa ditemui di hampir berbagai negara. Sebutannya juga berbeda-beda, kalau di Perancis, kue ini disebut galette des rois. Kalau di Meksiko, kue ini disebut dengan rosca de reyes. Kalau di Bulgaria, namanya banitsa. Kue ini memiliki keunikan yang mana di dalamnya terdapat koin emas. Koin melambangkan kemakmuran bagi siapapun yang menemukannya atau yang mengiris kue.

    • Mi soba, Jepang

      Beda lagi di Jepang, mi soba dinikmati saat tengah malam saat pergantian tahun baru untuk mengucapkan selamat tinggal pada tahun yang lalu. Tradisi ini sudah ada sejak abad ke-17. Mi soba melambangkan panjang umur dan kemakmuran untuk siapa saja yang menyantapnya.

    • Mochi, Jepang

      Mochi juga menjadi salah satu makanan yang selalu ada saat menyambut tahun baru di Jepang. Masyarakat Jepang selalu membuat mochi saat tahun baru. Walau cara membuatnya cukup lama dan melelahkan, membuat kue mochi justru menjadi kegiatan menyenangkan untuk mengisi waktu bersama keluarga.

    • Marzipanschwein or Glücksschwein, Austria dan Jerman

      Marzipanschwein or Glücksschwein adalah kembang gula yang dibentuk mirip seperti babi. Camilan ini dianggap bisa mendatangkan keberuntungan di tahun yang baru. Camilan ini biasanya disajikan dengan anggur merah, minuman dengan kayu manis dan rempah-rempah.

    • Oliebollen, Belanda

      Oliebollen di Belanda dijajakan menggunakan gerobak. Oliebollen merupakan jajanan tradisional dengan adonan donat yang dibentuk menyerupai bola. Camilan ini dibubuhi dengan gula bubuk dan kismis di atasnya. Sering kali dikonsumsi saat perayaan tahun baru, tapi juga selalu dihidangkan saat perayaan khusus.

    • Hoppin’ John, Amerika Serikat

      Hoppin’ John menjadi hidangan utama di bagian selatan Amerika Serikat saat perayaan tahun baru. Nama masakan ini berasal dari bahasa Perancis yang berarti kacang merpati. Hoppin’ John dilambangkan sebagai harta yang melimpah. Sayur hijau sebagai lambang uang kertas, kacang kedalai sebagai lambang koin, roti jagung sebagai lambang emas. Menikmati Hoppin’ John saat malam tahun baru dianggap bisa membawa keberuntungan dan rezeki yang melimpah.

    • Ring-shaped cake, Yunani

      Ada tradisi makanan unik di malam pergantian tahun. Misalnya saja, di Yunani, kamu akan menemukan kue bolu berbentuk cincin. Bentuk kue yang menyerupai cincin ini berarti harapan baru yang sempurna dan rezeki yang tidak pernah putus. Biasanya, disembunyikan uang koin di dalam kue. Orang yang mendapatkan koin tersebut dianggap akan mendapatkan keberuntungan selama setahun penuh.

    • Dumpling, China

      Dumpling dianggap bisa membawa keberuntungan secara finansial bagi orang yang menikmatinya pada malam pergantian tahun. Itu karena makanan ini berbentuk seperti batang emas, mata uang yang digunakan di China pada masa lalu.

    • Sauerkraut, Jerman

      Sauerkraut adalah masakan khas Jerman yang dibuat dari fermentasi kubis. Sepiring sauerkraut dianggap sebagai setumpuk kekayaan. Tradisi masakan tradisional ini juga masih ada di Belanda dan selalu disajikan saat malam tahun baru. Semakin banyak asinan kubis yang disajikan, maka semakin besar uang yang didapatkan sepanjang tahun.

    • Lentil, Italia

      Orang Italia biasanya menikmati sup lentil di malam tahun baru. Sup yang berisikan kacang-kacangan ini merupakan sebuah harapan agar dimudahkan mencari uang. Kacang-kacangan dianggap sebagai koin emas. Semakin banyak kacang sebagai isi sop, maka semakin banyak keberuntungan yang didapatkan.