• February 28, 2024
jenis minol

Mana Jenis Minuman Alkohol Yang Kamu Sukai?

Tradisi mengkonsumsi minuman beralkohol memang bukan bagian dari kebiasaan budaya indonesia, tapi di beberapa negara minuman keras ini cukup banyak di konsumsi secara umum dan perlu di ketahui kalau minuman keras sendiri juga telah memiliki reputasinya yang panjang sebagai minuman yang paling banyak di minum setelah air putih dan teh.

Di indonesia sendiri minuman beralkohol pada dasarnya bisa di minum secara bebas juga dan dapat di konsumsi oleh mereka yang telah cukup umur dan mampu mengontrol takaran minuman tersebut. Selain bisa memambukkan minuman keras yang terbuat dari ethanol ini bisa membuat seseorang kehilangan keseimbangan sampai kehilangan kesadaran dan mempengaruhi memori karena kesemuanya ini berdampak pada kinerja otak saat seseorang di bawah pengaruh alkohol.

Namun dalam penggunaan yang tepat dan konsumsi tidak berlebih minuman keras pada dasarnya tidak terlalu merugikan dan bisa di jadikan sebagai pendaming untuk kuliner tertentu asal seseorang bisa mengontrol takaran minuman tersebut dan melalui artikel ini kami akan menyampaikan beberapa jenis minol ini dan langsung saja kita mulai bahasan serta ulasan lengkapnya di bawah ini

  • Bir

Sebagai minuman alkohol yang paling umum, bir telah di kenal luas oleh masyarakat dunia. Di indonesia bir dapat dengan mudah di temukan pada warung maupun super market dengna kulkas yang menjual minuman ini dalam bentuk kaleng maupun botol. Dari semua minuman keras yang lainnya bir adalah yang paling populer juga dengan menduduki peringkat ketiga sebagai minuman yang paling banyak di konsumsi.

Bebasnya penjualan bir ini juga di karenakan kadar alkoholnya yang paling rendah bila di bandingkan dengan minuman keras lainnya dan juga pastinya harga yang di tawarkan lebih terjangkau. Bir sendiri yang berasal dari kata brewing di buat dengan proses fermentasi dari bahan dasar berpati dan memiliki kandungan alkhol yang sangat rendah yaitu 4 hingga 6 persen saja. Beberapa produsen bir bahkan membuat bir sendiri tidak beralkohol sama sekali dengan menyaring habis alkoholnya sehingga tidak memabukkan

  • Sake

Sake adalah minuman keras khas asia dan berasal dari negara jepang. Sake sendiri terdiri dari banyak jenis dan proses pembuatan yang berbeda beda. Namun pada umumnya minuman ini berbahan dasar beras yang di fermentasi dan sejumlah proses lainnya. Kandungan alkohol pada minuman sake tidak terlalu tinggi bila di bandingkan minuman alkohol negara lain karena hanya berkisar sekitar 16 persen paling maksimalnya.

  • Soju

Sedangkan untuk tetangga dari jepang, negara korea juga di kenal dengan para peminum miras dengan banyaknya tempat tempat yang menyediakan minuman soju untuk di nikmati. Sama seperti sake yang di buat dari beras yang di fermentasi, soju juga demikian, menggunakan beras juga namun proses penyaringannya di lakukan hingga minuman ini terlihat sangat bening seperti air putih dengan khas rasa manisnya. Di bandingkan dengan sake, kandungan alkohol dalam soju lebih tinggi yaitu 20 persen sampai 40 persen, dan kalau teman teman sering melihat drama korea, orang orang yang meminum soju secara berlebihan akan mabuk berat, jadi ya bisa di bayangkan bagaimana kerasnya minuman tersebut.

  • Wine

Wine sendiri adalah minuman yang sangat prestisius di negara belahan dunia eropa dimana minuman ini terbuat dari fermentasi anggur yang melalui berbagai proses pembuatannya. Rasa manis yang di tinggalkan dengan sejumlah aroma yang bervariasi adalah pengaruh dari jenis wine yang sangat banyak dan beragam. Di negara eropa seperti prancis, italia, rumania, rusia dan lainnya wine sudah sangat umum di jumpai. Popularitas wine bahkan hingga ke luar benua eropa seperti amerika dan amerika latin, dan juga asia. Kandungan alkohol dari wine adalah 8 persen hingga 15 persen walau ada jenis wine yang di sebut fortified yang di produksi dengan kadar alkohol yang lebih tinggi dari angka tersebut.

  • Whisky

Whisky sendiri berasal dari bahasa irlandia dan sejarah minuman whisky sendiri memang antara berasal dari irlandia dan skotlandia dimana kedua negara ini memang bertetanggan. Proses pembuatan wine cukup panjang karena selain melakukan fermentasi juga di lakukan distilasi dan juga pematangan yang di masukkan ke dalam gentong kayu yang biasanya gentong kayu tersebut di buat dari pohon ek yang memang tumbuh subur di daerah eropa.

  • Rum

Rum sendiri adalah minuman keras yang memiliki kandungan alkohol yang sangat berbeda beda dari jenis satu ke yang lainnya. Minuman ini terbuat dari fermentasai tetes tebu dan sering di campur dalam cocktail dan bisa juga di masukkan dalam bahan membuat makanan.

  • Abstinthe

Minuman abstinthe pada awalnya sempat mendapatkan protes dan pencekalan di berbagai negara karena kandungan alkohol di dalamnya yang mencapai 68 persen. Namun pada akhirnya pelarangan ini di cabut juga dengan himbauan untuk mengkonsumsinya dengan takaran yang seringan mungkin.