• May 22, 2024
Manfaat Olahraga Skipping, Tidak Hanya untuk Kesehatan Fisik

Manfaat Olahraga Skipping, Tidak Hanya untuk Kesehatan Fisik

Mungkin sebagian dari Anda banyak yang belum tau manfaat olahraga skipping atau lompat tali. Skipping adalah salah satu jenis olahraga yang bagus bagi tubuh, tapi taukah Anda bahwa lompat tali.

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik saja, namun juga sangat bermanfaat bagi otak dan juga kesehatan mental kita. Lantas apa saja manfaatnya? Kini kita akan bahas di dalam artikel ini.

Beberapa Manfaat Olahraga Skipping yang Bisa Anda Rasakan

Bukan hanya orang dewasa, anak anak juga cenderung menyukai permainan skipping yang secara tidak langsung memberikan manfaat . Berikut manfaat melakukan olahraga skipping

Ada berbagai macam jenis olahraga yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita, salah satunya skipping. Di bawah ini beberapa manfaat olahraga lompat tali yang perlu Anda ketahui, antara lain :

1. Dapat Meningkatkan kepadatan tulang

Manfaat olahraga skipping atau lompat tali yang pertama ialah bisa meningkatkan kepadatan tulang. Di dalam sebuah penelitian terhadap perempuan pre menopause, skipping ini bisa meningkatkan kepadatan mineral pada tulang pinggul.

Skipping ini dapat meningkatkan kepadatan tulang, sebab benturan yang berulang dengan tanah tiap kali Anda melompat. Dengan membangun kepadatan tulang lewat olahraga ini, Anda bisa mengurangi risiko permasalahan tulang.

Salah satunya seperti osteoporosis, tapi bila Anda sudah menderita osteoporosis, lebih baik tanyakan terlebih dahulu kepada dokter. Sebab dampaknya justru bisa berbahaya bagi tulang yang memang sudah lemah.

2. Sebagai kardio yang efektif

Manfaat olahraga skipping berikutnya ialah sebagai kardio yang efektif. Olahraga lompat tali ini dapat membuat detak jantung naik sangat cepat, sebab melibatkan banyak otot-otot yang berbeda bekerja sama bersamaan.

Jadi skipping adalah kegiatan dengan intensitas tinggi, CDC menganggap 1 menit kegiatan intensitas kuat. Sama dengan 2 menit kegiatan intensitas sedang seperti bermain tenis ganda atau berjalan cepat.

Itu berarti Anda bisa memasukkan latihan skipping atau lompat tali ke dalam kegiatan rutin. Agar bisa mendapatkan manfaat seperti aktivitas intensitas sedang namun di dalam waktu yang lebih cepat.

3. Meningkatkan koordinasi

Selain beberapa manfaat di atas, skipping atau lompat tali ini juga bisa meningkatkan koordinasi. Hal itu karena ketika melakukan skipping, Anda memerlukan banyak koordinasi, mulai kaki, tangan, kaki.

Bahkan kadang mata, semua harus bekerja sama guna memastikan bahwa Anda mengayunkan talinya dengan benar. Serta melompati tali di waktu yang tepat, lalu ulangi pola tersebut dengan irama stabil.

Di awal-awal, koordinasi tinggi ini rasanya begitu menantang, melakukan secara rutin dapat tingkatkan keterampilan dasar. Serta keterampilan baru misalnya mencoba trik skipping baru yang memerlukan koordinasi lebih tinggi.

4. Melatih kekuatan

Manfaat olahraga skipping yang selanjutnya bisa didapatkan ialah dapat melatih kekuatan. Biasanya sesudah menguasai teknik dasar skipping, Anda bisa menaikkan intensitasnya dengan melakukan gerakan double under.

Melakukan gerakan tersebut menuntut lompatan yang lebih tinggi dan kuat, itu artinya gerakan ini. Dapat meningkatkan kekuatan serta daya tahan tubuh, jadi skipping juga bisa membantu Anda dalam olahraga lain.

5. Menguatkan seluruh tubuh

Siapa sangka, bahwa olahraga lompat tali ini dapat menguatkan seluruh tubuh. Memang gerakan skipping ini menargetkan kaki yang terdiri dari paha bagian depan, belakang, betis dan otot-otot serta pergelangan kaki.

Selain itu skipping juga dapat melatih bisep, inti dan bahu, jadi melakukan olahraga ini bisa melibatkan semua kelompok sekaligus. Di dalam 1 kali kegiatan olahraga skipping, jadi sangat efektif.

6. Meningkatkan keseimbangan

Manfaat olahraga skipping yang berikutnya ialah bisa meningkatkan keseimbangan. Skipping ini dapat menjadi cara efektif untuk meningkatkan keseimbangan, di mana dalam sebuah penelitian terhadap pemain sepakbola muda.

Bisa disimpulkan bahwa skipping sebagai salah satu bagian dari program sepakbola regular. Bisa menjadi metode tambahan yang tepat untuk meningkatkan keseimbangan dan juga koordinasi motorik.

Seperti yang ditunjukkan pada penelitian, saat skipping Anda harus membangun lagi keseimbangan tiap lompatan. Serta memerlukan keseimbangan yang bagus agar bisa melompat lagi secara efektif.

7. Kesehatan Mental yang Lebih Baik

Selain kesehatan fisik, Manfaat olahraga skipping yang berikutnya juga dapat menjaga kesehatan mental. Melakukan aktifitas olahraga setiap hari, itu ada kaitannya dengan penurunan risiko kecemasan dan depresi.

Hal itu sebab adanya pelepasan endorphin, jadi usaha terkonsentrasi yang dibutuhkan untuk melakukan skipping bisa membantu kurangi stres. Bahkan olahraga minimal 10 menit perhari dapat meningkatkan suasana hati.

Cobalah skipping di luar ruangan agar bisa menyerap sinar matahari serta mendapatkan dorongan serotonin. Bila Anda bergabung dengan klub skipping, interaksi social bisa membuat Anda bahagia.

8. Stimulasi Otak

Manfaat olahraga skipping yang terakhir ini masih jarang diketahui banyak orang, ialah untuk stimulasi otak. Hal itu terjadi karena latihan paling bagus untuk kesehatan otak adalah harus melibatkan ritme.

Serta koordinasi dan juga strategi, sebab kesadaran spasial, koordinasi, dan presisi dibutuhkan dalam skipping. Itu artinya otak juga ikut berlatih ketika melakukannya, ketika melakukan lompat tali.

Kedua belahan otak akan aktif secara bersamaan, dengan meningkatkan keterampilan lewat pola baru. Otak bisa membentuk koneksi saraf baru, sehingga dalam hal ini Manfaat olahraga skipping bisa merangsang daya ingat.