• May 22, 2024
Manfaat Wortel untuk Kesehatan dan Cara Konsumsinya

Manfaat Wortel untuk Kesehatan dan Cara Konsumsinya

Hingga saat ini, manfaat wortel untuk kesehatan sangat bermacam-macam. Mulai dari manfaatnya untuk mata, hingga untuk tubuh. Hal ini dikarenakan adanya beragam kandungan nutrisi di dalam tumbuhan tersebut.

Tumbuhan ini termasuk dalam kategori umbi-umbian, karena merupakan jenis sayuran yang mengandung umbi, yaitu bagian bawah tanah menghasilkan akar juga batang. Sayuran ini juga masih satu marga dengan kentang dan singkong.

Detail Kandungan Nutrisi dalam Wortel

Melalui ragam manfaat wortel untuk kesehatan, di dalam 100 gramnya mengandung 40 kalori. Selain itu juga mengandung beberapa nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, juga vitamin B2 (riboflavin).

Tidak hanya itu saja, dalam kandungannya juga terdapat niacin yang membantu metabolisme, folat, zat besi, kalsium, magnesium, potasium, serta, luteolin, hingga beta karoten.

Tidak lupa, di dalamnya juga mengandung karbohidrat. Beragam nutrisi tersebut yang akhirnya memberikan segudang manfaat bagi kesehatan, baik kesehatan mata hingga kesehatan tubuh.

7 Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Manfaat wortel untuk kesehatan sangat beragam, mulai dari membantu perawatan mata hingga membantu menurunkan risiko terjadi penyakit kanker di tubuh.

Berikut beragam manfaat tersebut yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi wortel secara teratur. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat wortel untuk kesehatan yang signifikan dalam menjaga kesehatan mata karena mengandung vitamin A, di mana berfungsi sebagai antioksidan untuk membantu mencegah kerusakan pada sel-sel mata serta mengurangi risiko terjadinya penyakit mata, seperti katarak.

Vitamin A tersebut juga membantu meningkatkan kepekaan mata terhadap cahaya, sehingga membantu meningkatkan kualitas penglihatan dan mencegah gangguan penglihatan, seperti ambliopia.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Tumbuhan ini juga bermanfaat dalam mengurangi risiko penyakit kanker karena terdapat likopen di dalamnya. Senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan yang membantu mengurangi kerusakan pada DNA guna menghambat pertumbuhan sel kanker.

Manfaat wortel untuk kesehatan ini juga berfungsi sebagai antiinflamasi yang membantu mengurangi peradangan. Kanker tersebut juga bermacam-macam, termasuk kanker payudara, prostat, usus besar, hingga lainnya.

3. Menjaga Kadar Gula Darah Normal

Wortel merupakan sayuran yang bagus untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil, seperti pada pasien diabetes maupun orang sehat. Dengan gula darah yang terkontrol, pasien diabetes kurang berisiko mengalami komplikasi penyakit, seperti gangguan ginjal.

Tumbuhan ini juga membantu orang sehat mencegah resistensi insulin dan melonjaknya kadar gula darah terlalu tinggi, dikarenakan terdapat kandungan serat hingga antioksidan tinggi meskipun memiliki nilai indeks glikemik rendah.

4. Membantu Meningkatkan Kesuburan

Manfaat wortel untuk kesehatan juga mampu membantu meningkatkan kesuburan. Ini dikarenakan, di dalamnya mengandung karotenoid dan likopen, di mana berfungsi sebagai antioksidan.

Disini wortel berperan untuk meningkatkan kualitas hingga jumlah sperma. Karotenoid dan likopen juga membantu mengurangi peradangan saluran kemih, sehingga mampu mengurangi risiko terjadinya penyakit reproduksi berbahaya.

5. Membantu Mencegah Obesitas

Tumbuhan ini juga sangat bermanfaat dalam membantu mencegah obesitas karena mengandung sedikit kalori tapi padat nutrisi, seperti serat, air, vitamin hingga mineral. Kandungan serat tersebut juga membuat kenyang lebih lama.

Nutrisi tersebutlah yang akhirnya membantu mengatur pola makan agar tidak mengalami obesitas. Oleh karena itu, konsumsi wortel secara teratur dapat membantu mencegah obesitas dengan mengurangi nafsu makan berlebih.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat wortel untuk kesehatan juga mampu menurunkan tekanan darah karena mengandung potasium yang berfungsi sebagai antihipertensi. Selain itu, juga membantu mengurangi tekanan darah dan menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

Potasium dalam wortel juga membantu mengurangi efek negatif dari natrium yang dapat meningkatkan tekanan darah, sehingga menjaganya tetap normal hingga mencegah penyakit kardiovaskuler berbahaya.

7. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Manfaat lainnya ialah mampu meningkatkan sistem pencernaan karena mengandung serat, di mana kandungan ini berfungsi sebagai prebiotik yang mampu meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus, serta mengurangi jumlah bakteri jahat.

Selain itu, manfaat wortel untuk kesehatan juga membantu meningkatkan motilitas usus, sehingga membantu mengurangi risiko terjadinya konstipasi dan mengurangi tekanan pada dinding usus tersebut.

Cara Mengonsumsi Wortel yang Benar

Terdapat beragam cara mengonsumsi wortel yang umum dilakukan oleh masyarakat, antara lain:

  • Ini merupakan cara paling sehat untuk mendapatkan nutrisi yang terkandung di dalamnya.
  • Ini merupakan cara efektif untuk mendapatkan nutrisinya secara utuh, seperti untuk meatball, nasi, mi, dan roti.
  • Selain itu, mengingat manfaat wortel untuk kesehatan yang sangat beragam, tumbuhan ini dapat dipanggang dengan keju cheddar parut.
  • Ini biasanya juga dihaluskan untuk membuat campuran saus ala rumahan, salad, hingga oatmeal.
  • Olahan yang sudah familiar adalah dijadikan jus. Ini dikarenakan sangat menyegarkan dan mengandung beta karoten, serat, serta berbagai senyawa.
  • Dikonsumsi Langsung. Dikarenakan teksturnya yang keras, tumbuhan ini dapat diolah dengan cara lain seperti dikukus, direbus, atau digoreng.

Hal terpenting yang harus dipahami dalam mengonsumsi wortel adalah menjaga kebersihannya, sehingga harus mengupasnya dengan bersih. Mengingat manfaat wortel untuk kesehatan yang beragam tersebut, maka mengonsumsinya sangat baik untuk tubuh.