• April 16, 2024

Olahraga Naik Gunung untuk Mensyukuri Pesona Keindahan Alam

Menjalani olahraga naik gunung tidak membutuhkan banyak alat khusus, namun harus memiliki persiapan stamina yang bagus. Ketinggian gunung yang didaki bisa beragam, ada yang sehari cukup untuk mendaki dan turun, ada yang butuh waktu berhari-hari.

Aktivitas ini kerap dijadikan acuan untuk menilai seseorang sebagai pecinta alam, namun di samping itu juga ternyata kegiatan ini merupakan salah satu olahraga yang murah meriah. Informasi lebih detail mengenai kegiatan ini akan Anda ulas tuntas di bawah ini!

Sebelum Olahraga Naik Gunung Perlu Melatih Fisik dengan Baik

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum melaksanakan olahraga naik gunung adalah melakukan berbagai aktivitas fisik. Beberapa pemanasan atau aktivitas fisik yang bisa dilakukan sebagai persiapan sebelum mendaki adalah:

  1. Pull Up

    Pull up merupakan kegiatan yang mengharuskan Anda menggantungkan kedua tangan pada tiang yang lebih tinggi dari kepala. Setelah tangannya memegang tiang, kaki diangkat keduanya perlahan dan gerakan tubuh sengaja dinaik-turunkan sesuai ritmenya.

  2. Squat Jump

    Squat jump adalah kegiatan yang mengharuskan Anda berjongkok dan berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Tujuan dari aktivitas ini adalah untuk menguatkan kaki atau anggota tubuh bawah yang nantinya berguna untuk melakukan pendakian atau turun dari gunung.

  3. Heel Down

    Kegiatan sebelum melakukan olahraga naik gunung ini ada aktivitas menumpukan berat badan pada satu kaki. Caranya dengan memajukan salah satu kaki dan menggerakkan lutut ke depan dan ke belakang secara perlahan untuk memperkuat lutut kaki ke bawah.

  4. Push Up

    Aktivitas push up sudah tidak asing di telinga, gerakannya juga sangat umum karena banyak jadi pemanasan untuk berbagai kegiatan. Push up memiliki peran penting untuk memperkuat otot tangan dan bahu agar lebih kuat menahan beban ransel.

  5. Step Up

    Step up membutuhkan alat bantu sederhana, seperti tangga karena mengharuskan Anda menggerakan kedua kaki pada anak tangga. Tidak harus berjalan, bisa diam di tempat karena tujuannya agar kaki kuat melakukan trek menanjak saat hari pendakian.

  6. Angkat Bahu

    Terakhir, olahraga naik gunung juga bisa dipersiapkan dengan melakukan aktivitas angkat bahu terlebih dahulu. Angkat bahu ini berguna untuk membuat bahu tetap kuat ketika harus menahan beratnya carrier atau tas khusus untuk mendaki.

Mempersiapkan Beberapa Hal Penting Lainnya Jika Ingin Naik Gunung

Mempersiapkan berbagai hal berkaitan dengan fisik adalah hal penting sebelum menjalani pendakian. Selain itu, ada beberapa hal penting lainnya yang harus dilakukan seperti mempersiapkan waktu yang tepat untuk mendaki dan menuruni rutenya. Setiap orang memiliki rutinitas berbeda, jangan sampai waktu mendaki berhari-hari mengganggu rutinitas harian.  Izin tidak melakukan rutinitas ini berpengaruh terhadap ketinggian yang akan Anda daki dan jarak dari lokasi Anda tinggal.

Ini yang paling penting ketika melakukan olahraga naik gunung adalah melakukan prosedur izin. Prosedur izin ini biasanya dilakukan di bawah puncak dari pos yang dijaga oleh pengelola, baik dari warga setempat atau profesional lainnya. Izin dari pos ini berguna untuk mengetahui pendaki sudah turun atau belum sehingga saat ada kejadian tidak diinginkan bisa segera ada tindak lanjut.

Hal penting lainnya adalah mempersiapkan berbagai alat secara lengkap demi mendukung aktivitas pendakian. Akan lebih baik jika memiliki teman, baik sedikit atau rombongan saat melakukan pendakian. Mendaki bersama teman bisa membuat pendakian lebih menyenangkan dan bisa membantu satu sama lain ketika ada salah satu yang tidak diinginkan. Menggunakan pakaian yang sesuai adalah keharusan dalam aktivitas olahraga naik gunung yang baik.

Pakaian nyaman berfungsi untuk memastikan Anda tidak mengalami pegal atau aliran darah tersumbat karena celana terlalu ketat atau terlalu kecil. Berbagai persiapan meliputi banyak aspek, baik dari segi fisik maupun prosedur seperti izin dan sebagainya. Persiapan yang matang menjamin kenyamanan serta keamanan pendaki selama melakukan aktivitas naik maupun turun gunung.

Ini Dia Alasan Orang Naik Gunung

Ada banyak alasan orang mendaki, diantaranya untuk menyalurkan hobi dan terkadang jadi sarana healing juga. Setelah setiap hari melakukan rutinitas yang sama, biasanya orang akan merasakan kepenatan dan ingin suasana baru agar lebih siap menghadapi pekerjaan lagi.

Bagi sebagian orang, olahraga naik gunung bisa menjadi sarana mensyukuri keindahan dan ciptaan Tuhan. Banyak hal menarik dari alam yang membuat manusia takjub dan akan lebih bersyukur dengan apa yang didapatkan selama ini.  Orang yang mendaki memiliki adrenalin tinggi dibandingkan yang saat istirahat hanya diam saja di rumah.

Ketika memilih mendaki maka setiap ketinggiannya orang akan menantang dirinya untuk terus maju sampai akhirnya tiba di puncak. Akan ada kepuasan tersendiri ketika para pendaki tiba di puncak. Saat turun kembali maka akan ada perasaan lebih bahagia sehingga bisa jadi proses turunnya tidak terasa memberatkan diri.

Banyak orang yang sudah mendaki mengaku mendapatkan pengalaman baru dan mengenali teman secara baik. Dari olahraga naik gunung ini Anda bisa tahu mana teman sejati dan sejauh apa kemampuan diri.