• February 28, 2024
Makanan Khas Kota Majalengka

Oleh-Oleh Khas Majalengka Ini Harus Anda Bawa

Majalengka adalah salah satu daerah di Jawa Barat yang terkenal karena wisata alamnya yang indah. Tidak hanya itu, Majalengka juga punya segudang makanan yang khas sehingga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh saat Anda mudik ke kampung halaman. Namun sayang, banyak masyarakat belum mengenal kuliner yang khas dari kota ini. Nah, jika Anda ingin berburu oleh-oleh untuk dibagikan ke keluarga Anda nanti, Anda bisa membeli beberapa oleh-oleh yang akan direkomendasikan disini.

Majalengka Menjadi Daerah Wisata Baru Indonesia

Sebelum membahas mengenai oleh-oleh apa yang bisa diburu pada saat berlibur ke Majalengka, Anda harus tahu bahwasanya Majalengka menjadi daerah wisata baru di Indonesia yang berada di Provinsi Jawa Barat. Meski sudah menjadi wisata baru, bukan berarti kabupaten ini meninggalkan kearifan lokal yang sudah menjadi ciri khasnya selama ini. Majalengka memiliki ciri khas yang membuat semua orang tertarik untuk berlibur ke kabupaten ini. Meski Majalengka dekat dengan Bandung, bukan berarti kabupaten ini akan meniru Bandung karena Majalengka memiliki ciri khas yang mungkin tidak dimiliki oleh daerah yang lain.Jadi apabila saat ini Anda bingung ingin pergi ke kabupaten apa saat libur akhir pekan tiba, Majalengka ini dapat menjadi salah satu tempat tujuan yang bisa Anda pilih.

Daftar Oleh-Oleh dari Majalengka yang Harus Dibawa Ketika Mudik

Jika Anda berlibur atau tengah berkunjung ke Majalengka, jangan lupa membawa oleh-oleh dari tempat ini. Ada beberapa oleh-oleh khas Majalengka yang Perlu Anda bawa saat mudik ke kampung halaman.

  1. Mangga Gedong Gincu

Nama makanan khas Majalengka satu ini mungkin sudah cukup dikenal di kalangan masyarakat. Memiliki rasa yang manis dan segar serta bentuk dan warnanya juga menggemaskan membuat makanan ini cocok untuk Anda bawa saat pulang ke kampung halaman nanti. Selain kecap, Mangga Gedong Gincu juga jadi salah satu ikon dari Majalengka. Buah ini bahkan tidak dijual di Indonesia saja melainkan sudah diekspor hingga ke berbagai negara mulai dari Arab Saudi, Kora, Jepang dan masih banyak lagi. Jika Anda berada di Majalengka, Anda tidak akan mengalami kesulitan pada sat mencari penjual Mangga Gedong Gincu ini. Karena banyak penjual di pinggir jalan yang menjualnya.

  1. Jakalotek

Kedua, ada Jakalotek yang merupakan cemilan khas dari Majalengka. Makanan ini memiliki bahan dasar aci dan tahu. Jika melihat bentuknya, mungkin Anda akan langsung ingat dengan kue pastel. Jakalotek wajib dikonsumsi dalam keadaan masih hangat dan ditemani minuman es teh yang manis. Jika Anda penasaran, sebaiknya coba makanan ini sekarang juga. Anda bisa membeli Jakalotek di Kecamatan Maja yang merupakan daerah penghasil Jakalotek terkenal dan lezat. Mulai dari Desa Paniis, Desa Maja Utara, Desa Maja Selatan sampai Desa Pasanggrahan Anda bisa menemukan Jakalotek ini dengan mudah.

  1. Kecap Majalengka

Majalengka terkenal dengan kecapnya. Memiliki rasa yang manis dan gurih membuat daerah ini menjadikan kecap sebagai ikonnya selain Mangga Gedong Gincu. Ada banyak merek kecap yang namanya sudah melegenda sampai saat ini. Anda yang ingin membawa kecap sebagai oleh-oleh dari Majalengka bisa membelinya di pasar tradisional atau bisa juga di toko oleh-oleh. Atau jika ingin ke pusat penghasil kecap, Anda bisa datangi Kecamatan Cigasong.

  1. Oncom Goreng

Jika Anda pernah mencicipi oncom goreng yang ada di Bandung, maka oncom goreng di Majalengka ini jauh berbeda rasanya. Karena oncom goreng di Bantung memiliki ukuran yang besar dan dilapisi terigu sedangkan di Majalengka, oncomnya lebih kecil dan menggunakan bumbu dan bawang goreng. Jika ingin menyantap oncom goreng, akan lebih nikmat jika didampingi dengan bakso atau mie ayam. Oncom goreng dapat ditemukan dengan mudah karena banyak yang menjualnya tidak hanya di pasar tradisional tapi di toko oleh-oleh pun ada. Sesuai dengan namanya, oncom memiliki bentuk seperti tempe tapi dengan warna merah jingga. Oncom dibuat dari kacang tanah yang telah difermentasi. Oncom memiliki rasa yang enak dan gurih. Makanan ini cocok dijadikan untuk lauk makan atau bisa juga jadi camilan.

  1. Gula Cakar

Majalengka tidak hanya terkenal karena kecapnya yang luar biasa tetapi gulanya juga sangat lezat. Gula cakar sangat pas untuk dijadikan sebagai oleh-oleh saat berlibur disini. Gula cakar memiliki warna merah muda dan bentuknya persegi. Gula ini terbuat dari campuran gula putih dan soda. Biasanya gula ini juga digunakan untuk membuat teh atau menyeduh kopi karena gula ini sangat mudah larut di air. Gula cakar sama seperti gula pada umumnya. Namun yang membedakannya dengan gula yang lain adalah ukurannya yang besar dan warnanya pink. Biasanya gula ini dihidangkan pada saat orang-orang ingin meminum teh atau kopi. Gula cakar merupakan gula pasir yang dicampurkan dengan soda sehingga mengembang.