• April 16, 2024
bisnis kuliner

Pengen Bisnis Kuliner Ikuti Tipsnya Disini

Sobat sobat pecinta kuliner pastinya pernah terpikirkan untuk membuka bisnis makanan ataupun minuman, berawal dari sebuah ketertarikan kenapa tidak di jadikan sebagai sarana untuk memetik penghasilan darinya. Tentu bagi para pecinta kuliner juga pastinya lebih mendalami apa yang di butuhkan untuk membuat sebuah masakan yang enak dan berbagai pendapat untuk memajukan bisnisnya.

Terlebih lagi bisnis kuliner bukan lah bisnis yang sulit dan memiliki pangsa pasar yang sangat tinggi karena dimanapun juga setiap orang pasti membutuhkan makanan dan minuman. Meski prospek dan janjian keuntungan maupun marginnya tinggi dengan tingkat perputaran uang yang cepat dalam hitungan hari perlu di ketahui juga bisnis kuliner cukuplah beresiko karena setiap bisnis kuliner yang di buka menghadapi resiko tutup ataupun kegagalan. Untuk itu seseorang harus bisa memahami bisnis ini dengan baik terlebih dahulu sebelum menunangkannya ke dalam tindakan aktual agar tidak sia sia pastinya.

Maka dari itu kali ini kami akan memberikan anda beberapa tips yang mungkin bisa berguna dan menjadi bahan pertimbangan sekaligus ide untuk anda

  • Tentukan Dan Pahami Produk Yang Di Jual

Menentukan makanan ataupun minuman yang ingin anda jual pastinya adalah tugas yang bisa di bilang gampang gampang susah, dalam hal ini tentunya inspirasi maupun ide dari anda yang sudah muncul janganlah sampai berhenti di situ saja dan wajib di gali lebih jauh lagi memahami produk yang ingin anda jual.

Anda bisa saja memiliki idel untuk menjual bakso, soto, atau ayam goreng atau apapun itu namun kenali dahulu apa kelebihan nilai tambah dari produk yang ingin anda jual. Ajukan pertanyaan kepada diri anda sendiri, kenapa orang orang harus membeli dari anda dari sekian banyak ayam goreng yang di jual, apa kelebihan produk anda? Apa kebutuhan dari pelanggan? Apa yang pelanggan cari dari produk yang anda jual? Apa kelebihan produk anda di bandingkan para kompetitor?

  • Riset Pasar

Bisnis kuliner tidak hanya cukup memahami atau cinta kuliner saja tapi tentu harus mendasarinya juga dengan sebuah pemahaman pasar yang baik dalam melakukan penelitian terhadap pasar dan memahami pasar tersebut. Jika anda memiliki produk yang sangat baik tapi jika tidak menemukan pasar yang tepat pada makanan yang di tawarkan maka semua ini akan sia sia bukan.

Dengan memahami pasar sebaik mungkin maka anda bisa tahu apa rencana rencana yang perlu anda lakukan agar kuliner anda di temukan oleh pelanggan potensial dan semua promosi yang di lakukan tepat sasaran dan bermanfaat untuk para pelanggan

  • Merancang Konsep

Imajinasi dan pengetahuan di perlukan dalam tahapan ini dimana semua rencana dan ide anda akan sia sia saja jika tidak di tuangkan dalam hal yang spesifik dan membuatkan konsep bisnis yang akan di jalankan. Ada banyak poin yang perlu anda perhatikan seperti lokasi bisnis anda, menu produk anda, berapa pegawai yang akan di gunakan, susunan pegawai dan bagaimana estimasti gaji dan penghasilan yang di kirakan hingga ke promosi dan kerja sama yang akan anda lakukan serta siapa partner bisnis anda dan investor yang perlu di rekrut. Dengan menyiapkan konsep bisnis ini dengan matang dan spesifik tentunya akan membuat investor maupun partner yang anda ajak kerja sama lebih mudah memahami dan tujuan jelas dari kuliner ini. Meski jika anda membuka kuliner kecil kecilan dan tidak membutuhkan investor atau kerja sama konsep bisnis ini juga penting untuk membuat anda tidak kehilangan arah dan fokus pada pembangunan bisnis

  • Desain Produk

Sebelum meamakan sebuah makanan orang orang pastinya akan melihatnya terlebih dahulu, dan sejatinya produk apapun itu semua di lihat dari kemasannya terlebih dahulu. Bagaimana produk itu tersaji bisa memuaskan barulah produk tersebut bersedia di beli oleh orang. Pikirkan tentang bagaimana anda menampilkan menu atau kemasaan dan desain dari makanan maupun minuman yang di sajikan semenarik mungkin maka semakin mudah anda menjual produk tersebut pastinya.

Anda juga mungkin ini memikirkan bagaiaman membuat porsi makanannya, cara mengemasnya, desain seperti apa yang akan anda sajikan hingga sampel produk jika perlu.

  • Membuat Anggaran

Budgeting juga harus di lakukan dengan baik dengan memperkirakan semua biaya biaya yang akan timbul mulai dari sewa tempat, biaya bahan baku, pegawai, promosi, tagihan dan lain sebagainya perlu di kalkulasikan dan di bandingkan dengan estimasi dari apa yang sudah anda rencannakan sehingga mengetahui ROI yang dapat di prediksi dengan baik

  • Membuat SOP

SOP sangat penting untuk membuang semua keraguan dan area yang abu abu dan bisa menimbulkan ketidak harmonisan maupun ketidak konsistenan. Dengan adanya SOP maka semuanya akan berjalan dengan semestinya yang telah di tentukan dan bila kurang efektif maka SOP nya tinggal di revisi.