• February 28, 2024

Pertimbangan Melanjutkan Kuliah S3, Simak Ulasan Lengkapnya

Banyak teman-teman mungkin saja tengah kuliah S1 atau S2 dan sedang memikirkan langkah apa yang diambil selanjutnya. Salah satu pilihian tentunya adalah bekerja. Pilihan lain adalah melanjutkan studi ke jenjang S3.

Ada banyak pertimbangan melanjutkan kuliah S3 yang perlu dipikirkan karena akan berdampak besar terhadap kehidupan Anda. Jangan terburu-buru untuk memutuskan sekolah lagi, tetapi segala sesuatunya ternyata belum siap, sehingga hasilnya kurang maksimal.

Meraih gelar Doktor hingga pada akhirnya menjadi profesor ini memang tidak mudah. Berbeda ketika Anda ingin memutuskan untuk lanjut dari SMA/K ke jenjang perkuliahan, faktornya ada banyak dan kompleks.

Ini Bahan Pertimbangan Melanjutkan Kuliah S3

Menempuh pendidikan mencapai jenjang S3 adalah keinginan semua orang. Hanya saja, saat ingin meraihnya tidak serta merta mudah begitu saja, ada beberapa kondisi yang perlu diperhatikan bagi calon mahasiswa.

Berikut akan kami sampaikan, berbagai keadaan yang mungkin Anda sendiri tidak pernah menyadarinya. Bukan untuk melemahkan mental, melainkan memberikan informasi agar Anda siap baik secara jiwa, raga, dan finansial.

  1. Biaya yang Tidak Sedikit

    Ketika Anda punya keinginan untuk melanjutkan kembali sekolah ke S3 poin utama yang perlu diperhatikan adalah sisi keuangan. Harus diakui bahwa biayanya tidak sedikit, bisa mencapai ratusan juta. Menuju S3 kemungkinan usia Anda paling muda adalah 28 tahun, usia emas untuk mewujudkan berbagai macam hal dan biasanya masanya bekerja. Banyak tawaran mengalir sehingga waktunya tersita, atau keinginan untuk menikah.

    Banyaknya keinginan tersebut membuat kondisi keuangan juga harus dipikirkan. Sekolah tertinggi tersebut membutuhkan biaya besar, terlebih kalau sudah riset, observasi dan lain sebagainya pasti sangat banyak. Pertimbangan melanjutkan kuliah S3 dari sisi keuangan tersebut memang menjadi prioritas utama. Walau bisa meraihnya melalui jalur beasiswa, namun Anda tidak boleh mengutamakannya, terkadang untuk meraihnya sangat sulit.

    Perlu ada beberapa syarat dan ketentuan berlaku lainnya, jika program beasiswa dapat diajukan bisa jadi tidak 100%. Maka dari itu, harap pikirkan dengan benar dan hitung kembali secara tepat. Biasanya kebutuhan uang kuliah lebih tinggi dari anggaran yang sudah ditulis sejak awal. Hal itu dapat terjadi karena, dalam pengerjaan berbagai tugas atau penelitian belum masuk.
    Selain masalah keuangan, coba perhatikan beberapa Pertimbangan melanjutkan kuliah S3 lainnya yang tidak kalah penting.

  2. Beban yang Harus Ditanggung

    Menempuh pendidikan untuk mengejar gelar Doktor memang tidak mudah. Berbeda dengan S2, jenjang terakhir ini mempunyai beban lebih berat bahkan sampai 3 kali lipat dan menyerang seluruh sisi hidup Anda. Pertimbangan melanjutkan kuliah S3 adalah tugas perkuliahan dan tuntutan dosen. Seorang Doktor atau bahkan Profesor harus memiliki ilmu dan pengetahuan lebih luas daripada mereka bergelar sarjana dan master.

    Artinya semua mahasiswa S3 saat melihat masalah tentang sesuatu maka ada tuntutan yang melekat. Anda harus mampu menyelesaikannya bukan hanya tepat melainkan, dengan pemikiran berdasarkan berbagai teori dan bukti. Bukan hanya sekedar mengatakan A, tetapi tidak ada dasarnya sama sekali. Bahkan hanya teori pribadi dan itu masih berupa hipotesa belum ada bukti nyata, untuk mencapai ke taraf ini tidak mudah.

    Perlu beberapa proses dan fokus dengan membaca karya para ahli satu dengan lainnya. Kemudian dibandingkan, termasuk jurnal atau artikel terkait yang bisa juga menjadi bahan pendukung jawaban tersebut. Inilah pertimbangan melanjutkan kuliah S3 yang perlu dipikirkan. Mampu atau tidak dalam membagi waktu untuk urusan pribadi dengan perkuliahan, karena tuntutannya harus benar-benar fokus.

    Terlebih lagi, dalam mengerjakan tugas dari dosen pembimbing setiap mahasiswa harus membaca ribuan artikel, jurnal, dan buku. Kemudian, hanya diambil inti untuk menjawab satu pertanyaan singkat. Karena saat menjawab tidak mungkin satu kali habis. Pertanyaan akan dipecah menjadi bagaimana, mengapa, kenapa, apa, dan siapa, semua ini harus terwakilkan agar tidak muncul pernyataan atau teori baru.

  3. Jenjang Karir Setelah Lulus

    Pertimbangan melanjutkan kuliah S3 selanjutnya adalah jenjang karir. Bagaimana masa depan Anda nanti, karena jenjangnya masih sangat luas dan terbuka di berbagai bidang sesuai keinginan dan tujuan awal. Kalau hanya sebatas meraih gelar saja, rasanya perlu ada dipertimbangkan secara berlebih. Misalnya saja, tetap menjadi dosen di kampus sebenarnya bagus saja tetapi sayang sekali ilmu serta pengetahuannya

    Anda bisa menjadi peneliti bahkan seorang profesor ahli yang mampu mengembangkan sayap baik bersama pemerintah atau swasta. Semua peluang itu ada asalkan, mau dan mampu mengembangkannya. Karena ilmu yang Anda dapatkan bisa jadi sebuah pengembangan potensial. Baik untuk diri sendiri, keluarga, atau juga bangsa dan negara, bukan tidak mungkin juga bisa berpartisipasi ke ranah internasional.

  4. Observasi Universitas

    Ketika semua sudah ada persiapkan matang-matang dan pertanyaan apakah siap untuk lanjut terjawab. Maka selanjutnya yang harus dilakukan adalah bagaimana memilih universitas, ini sangat penting diperhatikan. Karena mahasiswa S3 ini tuntutannya bukan lagi tentang 1+1=2 saja. Tetapi, mengapa bisa jawaban dari pertanyaan tersebut adalah angka 2, dari mana asal dan teorinya.

    Dari pemahaman teori ini akan terbentuk pengetahuan dan cara berpikir. Disinilah alasan mengapa observasi universitas penting, karena setiap kampus punya jawabannya yang membentuk pola pikir Anda. Jadi saat melakukan observasi jangan hanya melihat kampusnya bagus dan suasanya oke, atau mendapatkan akreditasi A. Tetapi lebih bagaimana setiap dosen mempengaruhi pola pikir agar bermanfaat kedepannya.

    Melanjutkan jenjang kuliah tertinggi ini memang tidak mudah, banyak hal harus diperhatikan terlebih dulu, jangan asal memutuskan. Maka dari itu sebelum menjatuhkan pilihan pahami dulu beberapa pertimbangan melanjutkan kuliah S3.