• June 20, 2024
Rendang Makanan Terlezat

Pilihan Kuliner Favorit Khas Nusantara Yang Sudah Mendunia

Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat kaya dalam hal nilai budayanya. Adanya banyak pulau dan suku yang ada melahirkan keragaman nilai budaya yang sangat menarik dan rasanya tidak akan pernah bosan untuk dipelajari dan dikenali. Dalam hal ini, salah satu warisan lokal yang ada dan sangat menjadi perhatian adalah dalam hal kuliner. Kuliner nusantara sangatlah kaya.

Hampir setiap provinsi dan daerah memiliki kuliner khas masing-masing, dan cita rasa yang ada sangatlah beragam. Bahkan untuk makanan seperti soto saja, variasinya sangat banyak antara satu daerah dengan daerah lainnya, dan memiliki cita rasa yang berbeda-beda karena perbedaan cara masak dan bumbu yang digunakan. Untuk itu, tentu sangat menarik untuk mengetahui beberapa kuliner nusantara, yang barangkali beberapa masih belum pernah anda coba.

Beberapa Pilihan Kuliner Nusantara

Indonesia sangatlah kaya dengan pilihan kuliner yang ada. Satu daerah dengan dengan daerah lainnya memiliki cita rasa yang berbeda. Rasanya, lidah akan benar-benar dimanjakan dengan semua rasa yang dihadirkan. Ini sangat mungkin terjadi karena banyaknya bumbu dan rempah-rempah yang berbeda. Beberapa rempah pun sangat identik dengan daerah tertentu dan tidak selamanya bisa ditemukan di daerah lain. Latar belakang budaya yang ada juga sangat mempengaruhi cita rasa makanan dan filosofi yang ada di balik menu makanan yang ada.

Bila berbicara tentang kuliner nusantara, rasanya nama pertama yang patut disebutkan adalah rendah. Rendang adalah menu asli dari Indonesia yang sudah sangat dikenal dan disukai oleh banyak orang. Tidak hanya oleh penduduk asli Indonesia saja, tapi orang dari luar negeri pun sudah sangat menyukai makanan ini. Bahkan belum lama ini, rendang dinobatkan sebagai salah satu makanan terlezat di dunia. Selain itu, juru masak terkenal di dunia juga secara khusus datang ke lokasi asli dari makanan ini berasal dan belajar memasak rendang di sana serta mencicipinya.

Rendang sendiri sangat kental dengan cita rasa daging sapi dan santan. Bumbu dan rempah yang digunakan akan dimasak dalam durasi yang cukup lama hingga akhirnya bumbu-bumbu ini mengendam dan semakin memperkuat rasa yang ada. Cita rasa pedas, gurih, dan bahkan manis bisa dirasakan dalam rendang. Selain rendang, ada juga gudeg. Makanan yang satu ini berasal dari Yogyakarta. Makanan khas dari kota ini memang sangat banyak disukai, terutama oleh penikmat cita rasa manis. Walau terkesan manis, ada juga rasa gurih dan pedas yang berasal dari perpaduan lauk pelengkap yang ada di dalam gudeg. Gudeg sendiri dimasak dengan bahan dasar berupa nangka yang belum masak, atau orang Yogyakarta menyebutnya tewel.

Lalu, ada juga gudeg yang dipadukan dengan manggar. Manggar adalah bunga kelapa atau kelapa yang masih belum menjadi bulat dan masih berbentuk kecil-kecil. Ini akan dipadukan juga dengan telur semur, cakar ayam, dan bagian ayam lainnya. Untuk cita rasa gurih dan pedasnya, ini berasal dari krecek atau rambak yang dimasak dengan bumbu pedas dan rempah-rempah lain sehingga tidak lagi berbentuk keras. Krecek sendiri berasal dari rambak atau kulit sapi yang dikeringkan. Perpaduan bumbu dan lauk khas dari gudeg ini membuat kombinasi atau perpaduan cita rasa yang sangat sangat sempurna.

Pilihan Kuliner Khas Nusantara Lainnya

Bagi penikmat sayuran, ada makanan khas nusantara yang rasanya patut dicoba. Ini adalah pecel. Pecel merupakan makanan yang bisa dibilang sangat merakyat, tapi memiliki cita rasa yang khas dan unik. Pecel sangat murah dan mudah ditemukan. Ini banyak dijumpai di daerah Yogyakarta, Solo, hingga Surabaya sekalipun. Pecel ini merupakan makanan yang berbahan dasar beberapa sayuran yang direbus. Sayuran yang umum digunakan adalah kacang panjang, kubis, bayam, kecambah, dan juga terkadang ada timun dan sayuran lainnya.

Lalu, di atasnya akan ditambah sambal yang sangat enak. Sambal ini disebut sambal pecel dengan bahan dasar gula merah dan juga kacang serta cabai. Dalam beberapa pecel, sambal juga ditambah dengan petis atau fermentasi dari udang kecil. Sayuran ini tidak memiliki kuah, dan akan sangat nikmat bila dimakan dengan nasi yang panas dan krupuk atau peyek.

Makanan selanjutnya berasal dari Palembang. Makanan ini adalah pempek. Pempek memang menjadi makanan khas Palembang, dan ini memiliki cita rasa ikan yang sangat kuat. Pempek sendiri memiiliki beragam bentuk dan masing-masing memiliki nama sendiri. Pempek yang umum dijumpai adalah pempek lenjer yang berbentuk seperti jari-jari dan juga pempek kapal selam yang di dalamnya akan diisi dengan telur rebus. Pempek ini akan digoreng dan dinikmati dengan cuka kental yang sudah dicampur dengan bahan lainnya. Perpaduan rasa yang ada membuat pempek menjadi makanan yang bisa ditemukan di banyak tempat, tak hanya di Palembang saja.