• June 20, 2024
Tahapan Jual Beli Emas yang Menguntungkan Perekonomian

Tahapan Jual Beli Emas yang Menguntungkan Perekonomian

Jual beli emas bisa jadi sulit bagi investor yang terbiasa dengan perdagangan saham dan obligasi melalui internet. Jika menyangkut emas asli, Anda biasanya akan berurusan dengan dealer yang tidak berafiliasi dengan pialang konvensional, dan Anda mungkin harus menanggung biaya penyimpanan serta asuransi untuk investasinya.

Bagaimana cara membeli emas? Kemudian bagaimana cara menjualnya? Ada banyak pendekatan. Berinvestasi pada emas batangan, reksa dana, perusahaan pertambangan, kontrak berjangka, dan perhiasan adalah beberapa contohnya berikut penjelasannya.

5 Cara Mudah Jual Beli Emas Setiap Tahunnya

Jual beli emas dapat dilakukan dengan cara sederhana di antaranya berinvestasi emas sebelum terjadinya resesi, membeli saat awal tahun, dan sebagainya

Preferensi investasi, toleransi risiko, dan tujuan keuangan hanyalah beberapa variabel yang akan menentukan cara terbaik bagi Anda untuk membeli dan menjual emas. Adapun pembelian emas setiap tahunnya bisa dilakukan dengan beberapa cara sederhana, seperti:

1. Investasikan Emas Sebelum Resesi atau Keruntuhan Pasar

Salah satu periode terbaik untuk membeli emas adalah sebelum krisis keuangan melanda, meskipun kondisi pasar tidak terduga. Secara historis, harga emas meningkat sebagai respons terhadap krisis ekonomi.

Banyak anggota elit keuangan mengabaikan indikator peringatan bencana keuangan yang akan datang dan menganggapnya sebagai paranoia. Beberapa orang lain juga percaya bahwa ada kebutuhan mendesak untuk mengambil tindakan atas sinyal akan terjadinya keruntuhan, jual beli emas salah satunya.

Kurva imbal hasil (yield curve), utang negara yang meroket, dan ketidakstabilan ekonomi global merupakan tanda-tanda peringatan akan terjadinya resesi yang mungkin akan terjadi.

2. Jualah Emas Saat Rasio Emas dan Perak Tinggi

Nilai tukar emas terhadap perak bergantung pada fluktuasi pasar, serupa dengan nilai tukar dolar AS dan komoditas lainnya. Terlepas dari kenyataan bahwa banyak, namun tidak semua, kekuatan pasar yang sama mempengaruhi emas dan perak, masing-masing kekuatan tersebut bergantung pada penawaran dan permintaannya sendiri.

Ada beberapa contoh di mana rasio emas terhadap perak serendah 10:1 dan setinggi 90:1, atau 90 ons perak untuk setiap satu ons emas.

3. Beli Emas di Awal Tahun

Tahapan jual beli emas atau dalam hal ini membeli, adalah saat harga emas terendah tahunan yang biasanya terjadi sekitar minggu kedua bulan Januari.

Kesempatan ini bisa Anda gunakan untuk membeli dengan harga murah dan menjualnya dengan harga tinggi. Setelah itu, harga biasanya terus naik hingga akhir tahun dengan penurunan harga di musim panas dari bulan April hingga Juni.

Tentu saja, investor juga harus memperhatikan banyak faktor rumit yang mempengaruhi pergerakan harga, seperti tren makroekonomi secara luas. Namun, mengetahui pola masa lalu membantu Anda saat membuat rencana pembelian.

4. Investasikan Emas dalam Jangka Panjang

Penting untuk diingat bahwa meskipun nilai dolar AS selalu menurun, nilai emas sebenarnya tetap sama. Perumpamaannya adalah mobil atau truk berukuran sedang yang bagus dapat dibeli bersamanya sekarang.

5. Jual Emas Saat Harganya Luar Biasa Mahal

Emas memiliki perilaku penawaran dan permintaan yang aneh sebagai reaksi terhadap kondisi pasar. Contoh, sebagai respons terhadap memburuknya resesi menjelang akhir tahun 2011, harga emas melonjak hingga sekitar $2000 dan kemudian stabil ke tingkat yang serupa dengan harga pasar saat ini.

Anda dapat membeli lebih banyak emas di kemudian hari jika Anda menjualnya dengan nilai dolar yang sangat tinggi. Menentukan kapan harus menyerah dan kapan harus mengambil risiko yang sudah diperhitungkan adalah tugas yang sulit dari kegiatan jual beli emas.

Emas bahkan melambangkan kekayaan di masa lalu dan masa kini. Selain nilai kemewahannya, logam mulia ini ternyata memiliki segudang manfaat dalam berbagai aspek kehidupan.

Aset emas biasanya mempertahankan nilainya seiring berjalannya waktu. Sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan devaluasi mata uang, emas biasanya dibeli oleh banyak orang.

Koin yang terbuat dari emas adalah pilihan populer untuk lindung nilai inflasi likuid karena diakui secara luas sebagai mata uang sah. Kemudian dalam proses jual beli emas sendiri, menjual dalam hal ini emas batangan bisa memberi Anda uang jauh lebih cepat, daripada menjual sebidang tanah saat Anda membutuhkan uang dengan cepat.

Berinvestasi dalam emas dan koin emas merupakan tindakan pencegahan tambahan terhadap pergerakan pasar yang mengalami deflasi. Meskipun deflasi jauh lebih jarang terjadi dibandingkan inflasi, namun jika hal ini terjadi, dampaknya bisa jauh lebih parah.

Adapun berinvestasi emas lalu melakukan jual beli emas bukanlah strategi yang bagus untuk menghasilkan uang dengan cepat, ada beberapa cara atau teknik tersendiri untuk meningkatkan perekonomian Anda.

Masa depan finansial Anda mungkin terlindungi tergantung pada kapan Anda melakukan investasi emas. Segala sesuatu mulai dari tujuan jangka panjang hingga fluktuasi harian di pasar bergantung pada waktu.

Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang kapan waktu terbaik untuk jual beli emas? 5 cara yang telah dijelaskan di atas merupakan cara terbaik yang dapat dipraktikkan, baik bagi pemula maupun profesional.