• February 28, 2024
resep masakan rumahan

Ubah Makanan Rumah Jadi Hidangan Berselera

Memasak di rumah bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan sekaligus hemat. Selain itu kebersihan dan kesehatan dari kualitas makanan rumah pastinya akan lebih terjaga dibandingkan Anda siapkan makanan dari luar. Hanya saja bagi sebagian orang bisa menjadi kegiatan yang merepotkan ataupun sulit bagi yang belum terbiasa.

Tapi Tenang saja melalui artikel tulisan kali ini kami akan memberikan beberapa resep masakan dari rumah yang akan memberikan panduan kepada anda untuk membuat masakan menggugah selera tapi bisa dipersiapkan dengan sederhana. Yuk langsung saja kita masuk ke pembahasan.

  • Tumis kangkung

kangkung adalah sayuran yang sedap, dan cara terbaik untuk memasangkan dalam menumisnya. Selain kantong Anda tentunya bisa memberikan beberapa varian bahan makanan di dalamnya sehingga membuat rasanya lebih kaya lagi sekaligus menambah gizi.

Anda bisa membuat tahu kangkung atau tempe kangkung, level kepedasannya juga bisa diatur sedemikian rupa sesuai dengan selera anda.

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan adalah 1 ikat kangkung, Sedangkan untuk Anda bisa menyiapkan satu papan tempe atau tahu. Atau Anda bisa menggabungkan keduanya.,  siapkan juga 2 lembar daun salam air secukupnya terasi merica penjelasan pasal gula garam kecap asin kecap manis dan saos tiram secukupnya.

Selain itu Anda bisa membuat bumbu Inggrisnya dengan 3 siung bawang putih, beberapa cabe merah, 1 buah tomat, beberapa bawang merah cabe rawit sesuai level kepedasan yang diinginkan.

Masak dulu semua bumbu iris nya sampai harum, setelah itu Anda bisa memasukkan tahu tempe dan daun salam kedalamnya dengan menambahkan bumbu lainnya seperti kecap saus tiram dan kecap manis, setelah itu Anda bisa menuangkan air ke dalamnya dan masak sebentar hingga semua bumbu meresap ke dalam tempe maupun tahu. Masukkan merica dan berikan garam maupun gula pasir secukupnya dan bila perlu penyedap rasa. Dan yang paling terakhir adalah memasukkan Kampung kemudian aduk sebentar dan hidangan siap disajikan.

  • Telor balado

semua orang tentunya bisa membuat masakan telur rebus. Hidangan yang mudah dibuat ini Tentu juga tidak membutuhkan banyak.

Siapkanlah telor 10 butir, minyak makan secukupnya, garam dan gula pasir,  dan juga bumbu rumahan seperti bawang merah Bawang Putih, tomat cabai secukupnya nya, satu tangkai serai, jahe geprek dua jari, lengkuas, 2 lembar daun jeruk, dan anda bisa menambahkan pete untuk menambah selera.

Rebus dalam air mendidih selama kurang lebih 15 menit dengan api sedang. Kemudian Anda bisa memanaskan minyak goreng telah dikupas tinggal kulit ular berwarna kecoklatan, maka telur bisa ndak angkat dan tiriskan. Kemudian tuangkan minyak yang tidak terpakai untuk disimpan kembali dan sisakan minyak secukupnya untuk menumis bumbu yang telah anda siapkan sebelumnya. Setelah bumbu dimasak dengan wangi Dan semua bahan telah dimasukkan maka anda bisa memasukkan dan pemasangan dan hidangan siap diangkat dan dinikmati.

  • Sayur asem.

Selain berbuat alasan dibentuknya merupakan makanan penggugah selera yang bisa dinikmati oleh banyak orang terutama dengan asam manis maupun asin. Memasak hidangan ini juga tergolong mudah karena semua bahan-bahannya bisa anda dapatkan pasar walaupun sayuran yang dibutuhkan ini cukup banyak. Atau tentunya Anda bisa membelinya melalui pasar sayur atau Pasar 2 yang telah mempraktekkan semua bahan-bahan yang ada di dalamnya.

Tapi jika anda ingin membeli bahannya secara terpisah maka berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk memasak 1 porsi sayur asem.  Siapkan 1 buah jagung dan potong menjadi beberapa bagian, 6 kacang panjang yang bisa anda potong menjadi beberapa bagian juga, melinjo secukupnya, nya buah pepaya potong-potong kemudian setengah labu siam yang dipotong-potong dengan ukuran kotak 1 gendam kacang tanah beberapa lembar daun salam satu ruas lengkuas, 2 sendok makan air asam jawa 5 buah belimbing wuluh garam secukupnya dan satu sendok makan gula merah.

Untuk bumbunya Anda bisa menyiapkan 6 siung bawang merah dan 4 siung bawang putih. Kemudian Anda bisa menambahkan beberapa sampai merah yang besar dan 2 butir kemiri dan juga serasi bila andainya bahasa yang lebih kaya.

Cara memasak hidangan ini tergolong mudah Yaitu anda hanya perlu mendidihkan air dalam panci. Setelah air mendidih maka bisa memasukkan beberapa bahan bumbu yang telah disebutkan di atas beserta dengan daun salam dan lengkuas. Setelah beberapa menit kemudian Anda mulai bisa menambahkan jagung melinjo kacang tanah pepaya dan labu siam untuk dimasak sampai sayurannya menjadi empuk.

Paling terakhir Anda bisa memasukkan bumbunya yaitu garam gula penyedap rasa Bila perlu kemudian tambahkan gula merah dan air asam jawa, biarkan sebentar lagi sampai semua bumbu meresap dan sayuran menjadi empuk. Makan sayur asem siap disajikan.

Demikian tulisan kali ini semoga bisa bermanfaat bagi anda.