• April 16, 2024
kuliner jakarta

Ulasan Kuliner Unik Yang Siap Manjakan Lidah

Jakarta adalah sebuah kota metropolitan yang menyimpan sejumlah ragam pesona dan salah satunya adalah pesona yang apalagi kalau bukan kuliner. Sebagai kota yang maju dan penuh aktivitas padat selama 24 jam penuh dalam sehari 7 hari dalam seminggu dan 52 minggu dalam setahun membuat dapur dapur yang ada di jakarta ini tidak pernah sepi dengan berbagai khas ragam kuliner yang tidak akan pernah anda sesali saat mencobanya.

Sebagai traveller anda juga tentunya tidak akan lepas dari kuliner khas dan tentu akan penasaran apa saja sih kuliner yang bisa di tawarkan dan bisa memberikan anda sesuatu yang baru. Di sisi lain para warga kota jakarta juga bisa mencicipi berbagai hidangan istimewa yang mungkin belum sempat mencobanya selama hidup di jakarta.

Oleh karena itu melalui artikel ini kami akan memberikan informasi mengenai kuliner kuliner yang agak unik dan mungkin bisa terdengar asing di telinga dan aneh di lidah saat pertama kali mencobanya. Yuk langsung saja kita masuk ke ulasannya

  • Sayur Babanci

Dari namanya hidangan ini mungkin terdengar kurang sedap di telinga tapi ternyata hidangan ini bisa membuat lidah berkata lain dari apa yang di utarakan pendengaran anda. Meski namanya adalah sayur babanci, masakan ini ironisnya tidak menggunakan satu sayur pun. Jadi untuk anda yang alergi dan kurang suka dengan sayuran ya jangan pergi dahulu karena ini baru awalnya saja.

Sayur babanci adalah masakan khas betawi yang di berikan namanya berdasarkan kata babanci sendiri yang artinya prilaku yang mengartikan bahwa sayur ini tidak berprilaku alias tidak berkelamin dan alias banci. Hidangan ini di masak dengan menggunakan santan kelapa dan di bumbui dengan berbagai rempah rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, dan juga bumbu bumbu lain juga bersama daging sapi.

Alhasil daging sapi dan kuahnya yang sangat bercita rasa ini menjadikan sebuah hidangan yang tidak bisa di tolak dengan sajian lontong yang pas untuk menemani kelaparan dan kehausan akan cita rasa yang di cari selama ini.

  • Gabus Pucung

Mendengar makanan ini mungkin bisa membuat sebagian orang berpikir makanan apakah ini dan bagaimana dengan rasanya. Gabus pucung adalah makanan khas dari betawi yang di masak dengan menggunakan ikan yang tergolong enak dan murah yaitu ikan gabus.

Gabus pucung ini juga sering di sebut sebagai kluwak namun nama ini memang terdengar lebih asing lagi tentunya. Cita rasa dan tekstur masakan ini sangat gurih dan penuh rasa. Terlebih lagi di sajikan dengan kuahnya yang pekat dan berwarna hitam pastinya akan menggugah selera anda yang selalu penasaran dengan makanan unik untuk mencobanya. Gabugs pucung pastinya bisa anda temukan di jakarta dengan harga yang murah dan terjangkau pula.

  • Bubur Ase

Nah para kuliner lover apakah anda pernah mendengar nama hidangan ini. Kalau mendengar kata bubur tentu anda sudah akan ingat dengan makanan yang tawar rasa ini dan apa uniknya bubur ase ini di bandingkan bubur bubur ayam yang bisa anda temukan dengan mudah di berbagai pelosok kota jakarta?

Bubur ase meruapakan makanan khas bubur betawi. Bubuar ini uniknya di berikan kuah dari semur daging ala khas betawi. Bubur ini bisa di sajikan dengan berbagai topping di dalamnya sesuai permintaan anda dan bisa di temukan dengan harga terjangkau juga. Bubur ase biasanya di sajikan dengan daging itu sendiri, kentang, dan tauge serta berbagai macam bahan yang anda suka

  • Sengkulun

Sengkulun bukanlah sebuah nama hidangan atau masakan yang anda bayangkan. Melainkan ini adalah nama sebuah kue khas betawi yang terbuat dari bahan sederhana seperti tepung ketan, gula merah, dan santan yang gurih.

Kue ini bisa di bilang mirip dengan kue keranjang yang bisa anda temukan saat menjelang imlek. Sengkulun walau memiliki permukaan yang tidak rata dan kasar namun saat anda mencicipinya akan merasakan tekstur lembut dan kenyal yang lunak dan asik di mulut.

  • Es Goyang

Sehabis menikmati kue sengkulun yang manis dan gurih lembut ini anda bisa mencoba kuliner jakarta lainnya dengan sebuah es yang bisa membuat lidah anda terpuaskan yang di namakan dengan es goyang. Sesuai namanya es ini pastinya bisa membuat lidah anda bergoyang goyang layaknya sedang ada ritual tarian di dalamnya.

Es goyang juga di buat dengan cara di goyang. Biasanya abang abang yang menjual es ini akan mengoyang goyangkan gerobaknya untuk membuat es menggumpal dan dibentuk untuk anda. Es goyang ini juga memiliki berbagai varian rasa yang bisa anda minta dengan rasa alpukat, coklat dan lain sebagainya dengan harga yang murah meriah dan asik untuk di nikmati.